Selamat Ya Olive, Bayinya 72 Kg

gajah
POJOKSATU.id, MEDAN- Gajah yang dinamaio Olive melahirkan bayi betina dengan berat 75 Kg di hutan konservasi (Conservation Response Unit/CRU) Tangkahan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (1/9/2015) sekira pukul 04.30 WIB dini hari.

Bayi gajah tersebut dilahirkan oleh seekor gajah betina jinak berusia 18 tahun bernama Olive. Bayi gajah itu merupakan hasil perkawinan dengan gajah pejantan berusia 27 tahun bernama Theo.

“Kita perkirakan dua minggu lagi gajah betina lainnya yang berusia 38 tahun bernama Agustin, akan melahirkan juga,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), Andi Basrul.

Dikatakan Andi, bayi tersebut masih dalam penjagaan ketat induknya, sehingga belum memungkinkan dilakukan pengukuran lingkar dada dan tinggi badan. “Bayi gajah yang lahir tersebut belum survive, karena rawan serangan beberapa penyakit,” jelasnya.

Andi menjelaskan, pengecekan kesehatan gajah akan dilakukan dengan memonitoring secara rutin oleh dokter hewan. “Gajah jinak tersebut pengelolaanya dilakukan oleh BBTNGL bekerjasama dengan CRU Tangkahan dan masyakat setempat. Jumlah gajah jinak di Tangkahan sebanyak 7 ekor dewasa dan 2 ekor anak,” terangnya.(sdf)

Feeds