Posyandu Berperan Penting di Desa

Posyandu di desa-desa penting untuk keselamatan ibu dan bayi

Posyandu di desa-desa penting untuk keselamatan ibu dan bayi

POJOKSATU.id, MEDAN- Keberadaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di desa-desa masih sangat penting. Menyikapi hal itu perusahaan Aluminium terbesar tanah air, PT Inalum (Persero) membangun Posyandu di beberapa daerah.

Pembangunan Posyandu merupakan salah satu langkah PT Inalum untuk membantu masyarakat sekitar perusahaan dalam mencapai kemudahan akses fasilitas kesehatan untuk ibu dan bayi di sekitar operasi pabrik peleburan aluminium.

Setelah sebelumnya meresmikan posyandu di Desa Aras pada Juli 2015, kali ini, PT Inalum (Persero) memberikan bantuan serupa yaitu pembangunan Posyandu di Desa Empat Negeri – Kecamatan Lima Puluh dan di Desa Brohol – Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara.

Bantuan dua unit pembangunan posyandu ini diserahkan secara resmi oleh Arfan Iqbal Hrp (Manager Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum) yang diwakili oleh A.Ganda Sukmana (Junior Manager Pemberdayaan Masyarakat) didampingi Alex Ridwan (Comdev Officer) kepada masing-masing kepala desa disaksikan oleh tokoh masyrakat, agama serta kader posyandu terkait.

Selain bangunan posyandu, Inalum juga menyerahkan sejumlah perlengkapan pendukung operasional kegiatan posyandu, antara lain : Tempat tidur pasien, stetoskop, alat chek tensi darah, Thermometer, Timbangan Bayi, Timbangan Dewasa, Kotak P3K, Dispenser dan Galon serta Meja dan Kursi.

Dalam sambutannya, Arfan Iqbal Harahap yang diwakili Ganda Sukmana menjelaskan ”Bantuan ini merupakan Program Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum di bidang fasilitas umum dan kesehatan berbasis komunitas, dimana pembangunan posyandu ini dilakukan secara bertahap dengan memberdayakan masyarakat sekitar di desa terkait, sejak akhir Mei 2015 hingga Akhir Juli 2015 dengan dana Rp25.000.000, unit posyandu.”

Kepala Desa Empat Negeri dan Desa Brohol dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada PT Inalum yang telah membantu pembangunan posyandu di desanya, bantuan ini sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat, dimana operasional posyandu ini nantinya akan diserahkan kepada para ibu PKK, Bidan Desa dan Kader Posyandu.

Sebagaimana diketahui, program pemberdayaan masyarakat PT Inalum di bidang kesehatan melalui program pembangunan posyandu yang dilaksanakan secara berkesinambungan sejak tahun 2011 telah meraih peringkat Gold di CSR Awards tahun 2014 di Jakarta pada beberapa waktu yang lalu. (sdf)

Feeds