Prestasi Wushu Membanggakan

Lindswell Kwok atlet wushu asal Medan yang jadi andalan di berbagai even

Lindswell Kwok atlet wushu asal Medan yang jadi andalan di berbagai even

POJOKSATU.id, MEDAN- Anggota DPR RI Parlindungan Purba menjelaskan kepada Ketua DPRD Medan, bahwa pihaknya mendukung perubahan Jalan Plaju menjadi Jalan Wushu, karena prestasi atlet – atlet Wushu Kota Medan cukup membanggakan.

Wushu, kata Parlindungan adalah cabor yang kerap menyumbangkan medali terbanyak untuk kontingen Sumut di berbagai pesta olahraga multi event nasional.

“Sejak PON 2004 hingga 2012, Wushu Sumut yang diperkuat mayoritas atlet Kota Medan, selalu tampil menjadi juara umum. Demikian pula di setiap pelaksanaan Kejurnas. Bahkan pewushu asal Kota Medan seperti Lindswell pernah menjadi juara dunia yunior tahun 2008 di Bali, juara dunia senior 2009 di Toronto Kanada dan tahun 2013 di Kuala Lumpur. Terakhir di SEA Games Singapura 2015, Lindswell juga menyumbangkan dua medali emas. Dan ia juga ditetapkan menjadi ambassador Indonesia untuk Asian Games 2018,” jelas Iwan Kwok, Ketua Harian Pengprov Wushu Indonesia Sumut Kamis (3/9/2015).

Selain Lindswell, tambah Sekum KONI Sumut Chairul Azmi, pewushu kota Medan lainnya, Juwita Niza Wazni juga menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di Asian Games Incheon Korsel 2014. Dan banyak lagi atlet-atlet kota Medan yang menorehkan prestasi internasional.

Dipilihnya Jalan Plaju diganti menjadi Jalan Wushu, karena di jalan tersebut terdapat Padepokan Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI), tempat lahirnya juara-juara wushu nasional dan internasional yang hampir setiap tahun dijadikan sebagai tempat pemusatan latihan nasional (Pelatnas) menghadapi berbagai event internasional.

Dengan perubahan jalan ini nanti, tambah Parlindungan Purba bukan saja sebagai apresiasi atas dedikasi Master Supandi Kusuma membina Wushu, tapi juga diharapkan kian memotivasi anak bangsa menekuni cabor ini untuk lebih berprestasi, sekali menjadi salah satu bukti fundamental, bahwa kekuatan wushu nasional sesungguhnya ada di Medan. (sdf)

Feeds