Awas, Jangan Tertipu, Foto Cewek Cantik di Wechat Modus Baru Begal

wechat-new-logo-copy
POJOKSATU.id, MEDAN- Para perampok kendaraan bermotor alias begal kini semakin kreatif. Bermodalkan melek teknologi, kawanan begal di Medan ini menggunakan aplikasi chating Wechat untuk memperdaya calon korbannya.

Bermodalkan foto-foto cewek cantik dan seksi yang dipajang di Wechat, tiga perampok ini berhasil memperdaya korbannya. Mereka pun sukses mempreteli harta benda korbannya yang tergoda foto-foto palsu tersebut.

Namun sepak terjang perampok yang melek teknologi ini harus terhenti di korban ke-15. Pasalnya petugas Unit Ranmor Satreskrim Polresta Medan berhasil membekuk ketiganya, berikut sejumlah barang bukti.

Ketiga perampok itu adalah Dermawan Purba (23), Rahmat Syahputra (23) dan Putra (23). Dari perampok ini petugas mengamankan barang bukti sepeda motor Kawasaki Ninja tanpa plat.

“Modus para pelaku adalah berkenalan dengan korban melalui We Chat. Pelaku memasang foto cewek-cewek cantik dan seksi untuk menjerat korbannya yang kebanyakan adalah laki-laki,” kata Kasat Reskrim Polresta Medan, Kompol Aldi Subartono, Kamis (3/9/2015).

Setelah berkenalan, para pelaku lalu mengajak korbannya bertemu di suatu tempat yang telah dijanjikan. “Setelah bertemu, para pelaku mengaku abang dari perempuan yang fotonya dipajang ada di We Chat,” ucapnya.

Pelaku lalu meminjam sepeda motor korban, dengan alasan membeli rokok sembari menunggu adiknya yang dikenal korban dari Wechat. “Setelah sepeda motor didapat, para pelaku lalu kabur,” jelasnya.

Sepeda motor hasil kejahatan itu dijual pelaku seharga Rp1,5 juta hingga Rp2 juta. “Para pelaku mengaku uang hasil kehajatan digunakan untuk foya-foya. Pelaku kita jerat Pasal 363, ancaman hukumannya 5 tahun penjara,” tandasnya.(sdf)

Feeds