Gawat, Kabut Asap Selimuti Sumut sampai November

Kabut asap masih tebal di Sumut

Kabut asap masih tebal di Sumut

POJOKSATU.id, MEDAN- Kebakaran hutan di wilayah Sumatera sudah sangat parah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis data, 80 persen wilayah Sumatera, termasuk Medan sudah tertutup asap. Kondisi yang parah ini diperkirakan dua kali lipat buruknya dibanding tahun lalu.

Jika tidak cepat ditanggulangi, kondisi perkonomian yang sudah berat akan semakin memburuk lantaran aktivitas bisnis banyak mengalami gangguan. Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kondisi buruk ini berpotensi terus terjadi hingga November mendatang, sebagai dampak fenomena El Nino.

“Diperkirakan musim hujan baru awal Desember, sehingga wilayah ekuator khatulistiwa selatan seperti Sumatera dan Kalimantan, masih berpotensi terjadi peningkatan kebakaran lahan dan kekeringan. Sekitar 80 persen wilayah Sumatera sudah ditutupi asap, dimana Riau dan Jambi paling pekat,” terangnya.

Di dua daerah itu, jarak pandang hanya 500 meter, yang berdampak pada terganggunya jadwal penerbangan.

Meski wilayah Sumut titik apinya tidak begitu banyak, namun terdampak langsung asap dari wilayah Riau. Akibatnya, sejumlah penerbangan di Bandara Kualanamu terganggu. Di tempat yang sama, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto mengaku kewalahan mengatasi kebakaran hutan lantaran cakupan wilayahnya cukup luas.(sdf)

Feeds