Sarana Air Bersih untuk Masyarakat Pesisir Bertambah

Sarana air bersih yang dibangun untuk masyarakat pesisir Batubara

Sarana air bersih yang dibangun untuk masyarakat pesisir Batubara

POJOKSATU.id, MEDAN- PT Inalum (Persero) kembali meresmikan program bantuan sarana air bersih berupa satu unit sumur bor untuk masyarakat pesisir Pantai yang berlokasi di Dusun Tangkahan, Desa Medang, Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara.

Bantuan sumur bor lengkap dengan bangunan tower dan tangki air ini nantinya dapat digunakan masyarakat Desa Medang yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam pengadaan Air Bersih.

Bantuan sarana air bersih ini adalah salah satu program pemberdayaan masyarakat PT Inalum (Persero) di Bidang Kesehatan dan fasilitas umum berbasis komunitas. Untuk pengadaan lahan, perencanaan dan pembangunan berasal dari masyarakat itu sendiri selama lebih kurang 2 bulan pembangunan. Bantuan diserahkan dalam 3 (tiga) tahap pembayaran, tahap pertama Rp12.000.000, selanjutnya tahap kedua dan ketiga Rp10.000.000 dan Rp3.000.000.

“Total keseluruhan biaya dalam pembangunan sumur bor tersebut sebesar Rp25.000.0000,” terang Manajemen PT Inalum yang diwakili Arfan Iqbal Hrp selaku Manager Pemberdayaan Masyarakat, didampingi M.Alex Ridwan (CD Officer) dan Fahmi Hidayat (CD Operator).

OK Burhanuddin selaku Kepala Desa Medang Mewakili Pemerintahan Desa, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT Inalum. Menurut OK, bantuan sarana air bersih memang sangat dibutuhkan bagi masyarakat pesisir seperti yang berada di Desa Medang ini.

”Kepada masyarakat khususnya untuk warga Dusun Tangkahan Desa Medang, sudah seharusnya kita sebagai penerima dan pengguna bantuan sumur bor ini agar dapat merawat, menjaga dan menggunakan sumur bor ini sebaik mungkin, sebagaimana mestinya,” kata OK Burhanuddin.

Sekadar informasi, tahun lalu PT Inalum (Persero) meraih peringkat Apresiasi dalam Indonesia CSR Awards 2014 untuk program sarana air bersih berbasis komunitas bagi masyarakat pesisir yaitu di Kuala Tanjung, Kuala Indah, Gambus Laut dan Lalang. (sdf)

Feeds