Alhamdulillah, Sapi Kurban Tahun Ini dari Peternak Lokal

Hewan Kurban di Medan

Hewan Kurban di Medan

POJOKSATU.id, MEDAN- Seluruh sapi yang akan disembelih pada Idul Adha tahun 2015 di Sumatera Utara berasal dari peternakan lokal. Hal itu cukup melegakan bagi warga agar tidak khawatir untuk mengonsumsinya.

“Sapi untuk kurban masih dari lokal atau hasil persilangan yang lahir di Sumut,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumut Parmohonan Lubis di Medan, Senin (7/9/2015)

Menurut Parmohonan, sapi lokal masih banyak di Sumut dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat untuk berkurban. Pihaknya memperkirakan kebutuhan untuk Idul Adha 2015 berkisar 25 ribu ekor atau sama dengan jumlah pada tahun sebelumnya.

Hewan-hewan tersebut berada di sejumlah sentra peternakan seperti Kabupaten Langkat, Deliserdang, Asahan, Simalungun, dan Serdang Bedagai. Dan seluruh hewan itu adalah peliharaan masyarakat. “Untuk kurban, sapi impor tidak memenuhi syarat,” kata Kadis.

Di sisi lain, Pemprov dan Pemkab/Pemkot di Sumut menyepakati perlunya pendampingan petugas kesehatan di setiap lokasi penyembelihan hewan kurban masyarakat dan instansi. Menurut Parmohonan, pendampingan dari petugas kesehatan dimaksudkan untuk membantu kelancaran ibadah kurban dan menekan kerugian masyarakat. (sdf)

Feeds