Bermanfaatnya Saung Tani untuk Petani Cabai di Lubuk Cuik

Saung untuk petani cabai di Desa Lubuk Cuik Batubara

Saung untuk petani cabai di Desa Lubuk Cuik Batubara

POJOKSATU.id, MEDAN- Masyarakat di Desa Lubuk Cuik Kabupaten Batubara, Sumut yang mayoritas petani merasa bersyukur akhirnya saung yang diidam-idamkan selama ini didirikan oleh PT Inalum (Persero).

”Saung tani ini sangat berarti dan bermanfaat bagi kami, khususnya petani cabai di Desa Lubuk Cuik, yang mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah bertani. Saung ini sebagai tempat untuk berbagi informasi serta bermusyawarah untuk menentukan waktu tanam, pemupukan dan semai serta panen,” kata Kepala Desa Lubuk cuik, Juliadi kemarin mewakili pemerintah dan masyarakat Desa Lubuk Cuik pada acara serah terima bantuan satu unit bangunan saung tani bantuan dari PT Inalum.

Manajer Pemberdayaan Masyarakat Inalum, Arfan Iqbal Harahap dalam mengatakan, bantuan ini sesuai dengan yang butuhkan warga setempat.

”Bantuan saung tani ini adalah salah satu program pemberdayaan masyarakat PT Inalum di Bidang Fasilitas Umum berbasis komunitas. Pengadaan lahan, perencanaan dan pembangunan berasal dari masyarakat itu sendiri selama lebih kurang 2 bulan pembangunan,” kata Arfan mewakili perusahaan didampingi M.Alex Ridwan (Comdev Officer) dan Fahmi Hidayat (Comdev Operator).

“Bantuan ini diserahkan tiga tahap sesuai dengan progres pekerjaan dengan total keseluruhan biaya dalam pembangunan saung tani ini Rp28.000.0000,” lanjut Arfan.

 

Saung sudah dimanfaatkan para petani untuk bertukar pikiran

Saung sudah dimanfaatkan para petani untuk bertukar pikiran

Kepala Desa Lubuk cuik, Juliadi menyampaikan terima kasih kepada PT Inalum atas bantuan pembangunan saung tani ini yang berukuran 5 x 6 meter. Saung ini sudah mulai dibangun awal juli sampai akhir agustus 2015 secara bergotong royong.

”sebelumnya kami dari pihak desa sudah mengajukan permohonan ini ke beberapa pihak, namun kemudian hanya Inalum yang menjawab kebutuhan pembangunan saung tani ini. Sebagaimana diketahui, Lubuk Cuik merupakan salah satu desa penghasil Cabai di Kecamatan Lima Puluh yang hasil taninya didistribusi ke luar Batubara, bahkan sampai ke Provinsi Bengkulu” Ungkap Juliadi.(sdf)

Feeds