Orang Utang Kesasar ke Kebun Sawit Warga

Orang utan di habitatnya

Orang utan di habitatnya

POJOKSATU.id, MEDAN- Seekor orang utan tersesat di perkebunan milik warga di Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) sejak Minggu (6/9/2015) kemarin.

Warga lantas melaporkan orang utan yang tersesat tersebut. Menerima laporan, warga, Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Lembaga Swadaya Masyarakat Orang Utan Information Center langsung mengevakuasi orang utan tersebut.

“Dibantu dokter hewan yang ikut melakukan penangkapan, kita berhasil mengevakuasi orang utan yang berada di perkebunan kelapa sawit milik warga setempat,” ujar Krisna salah satu petugas.

Usai menjalani pemeriksaan, orang utan tersebut dinyatakan sehat dan stabil oleh dokter. Selanjutnya orang utan yang berhasil dievakuasi itu, kemudian dibawa ke hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), untuk dilepas kembali ke habitatnya.

Pada Agustus lalu, tim BKSDA juga sempat mengevakuasi dua orang utan yang juga masuk ke perkebunan warga. Saat ini, dua ekor orang utan lainnya masih berada di perkebunan warga di Langkat dan menunggu dievakuasi. (sdf)

Feeds