Mie Ayam Kumango, Sang Legendaris

Mie ayam Kumango

Mie ayam Kumango

POJOKSATU.id, MEDAN- Medan dikenal dengan kulinernya yang nikmat. Bukan asal mengklaim tapi banyak warga pelancong yang memang sengaja berwisata ke kota multi etnis ini hanya untuk menikmati kulinernya. Salah satu tempat yang layak dicoba adalah restoran Mie Ayam Kumango.

Ini termasuk salah satu mi ayam legendaris di kota Medan. Betapa tidak restoran ini pertama kali berdiri pada tahun 1958, di Jalan Kumango Medan. Makanya, nama Kumango kemudian menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari restoran ini.

“Mie ayam kami selalu menjadi langganan orang Medan, baik muslim maupun non muslim. Keistimewaannya, ayah saya hanya menggunakan ayam sebagai bahan utamanya,” ujar pewaris Mie Ayam Kumango Tommy Tjoe kepada Pojoksatu.id kemarin.

Mie Ayam Kumango didirikan oleh pria berdarah Tionghoa bernama Acong,yang tidak lain adalah ayah Tommy. Mie Kumango sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner,karena rasa khas yang dimilikinya. Tommy mengatakan, rasa istimewa itu berasal dari kuah yang menggunakan kaldu rebusan tulang.

Sementara mie serta ayam yang dipergunakan juga berbeda dengan mie ayam kebanyakan. Mie yang dipergunakan, merupakan olahan sendiri.

Kini mi ayam Kumango terus berkembang. Selain gerai di Jalan Kumango, restoran ini membuka cabang di Sun Plaza dan Plaza Medan Fair.

Mi ayam Kumango ini juga menjadi favorit para pejabat di kota Medan. “Biasanya pak Wali Kota sering langganan di sini,” pungkasnya. (dhn/sdf)

Feeds