Tolak RPP Pengupahan, 500 Buruh Demo Kantor Gubsu

Ratusan buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumatera Utara (Sumut) melakukan demonstrasi di kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Jalan Diponegoro Medan,

Ratusan buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumatera Utara (Sumut) melakukan demonstrasi di kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Jalan Diponegoro Medan

POJOKSATU.id, MEDAN-Sebanyak 500 buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumatera Utara (Sumut) memadati kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), di Jalan Diponegoro Medan, Kamis (15/10/2015) siang sekira pukul 12.00 WIB.

Dengan membawa bendera dan spanduk serta kertas karton, ratusan buruh tersebut berdemonstrasi menolak Rencana Peraturan Pemerintah (RPP) tentang pengupahan.

Ketua FSPMI Sumut M Saragih mengatakan, kebijakan pemerintah yang ingin menandatangani RPP tentang pengupahan akan memperparah kebutuhan ekonomi dan daya beli masyarakat khususnya kaum buruh.

Menurutnya, jika pemerintah tetap menyetujui kebijakan RPP tersebut, maka dalam kebijakan itu upah kaum buruh akan naik secara lima tahun sekali. Tentunya, kebijakan ini jelas tidak ada sedikitpun niat pemerintah untuk pro terhadap kaum buruh. Ditambah lagi, upah yang akan naik ditentukan inflasi pada setiap tahunnya dan jelas merugikan kaum buruh.

“Jadi, kami meminta agar pemerintah menaikkan UMP (Upah Minimum Provinsi) Sumut dan UMK (Upah Minimum Kota) Medan sebesar 30%, agar dapat sedikit menyeimbangkan dengan kebutuhan pokok kaum buruh. Karena, saat. Ini walaupun harga BBM diturunkan tidak berpengaruh akan naiknya kebutuhan pokok yang semakin melambung tinggi dan tak sebanding dengan upah yang diterima oleh buruh,” ungkapnya.

Lebih lanjut M Saragih mengatakan, dalam aksi ini kaum buruh juga meminta kepada pemerintah daerah yakni Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Medan untuk segera menyelesaikan kasus perburuhan yang ada. Karena, tidak sedikitpun pihak Disnaker yang peduli terhadap nasib kaum buruh di Kota Medan.

Aksi unjuk rasa ini masih berlangsung damai, dengan pengawalan ketat petugas gabungan kepolisian dan Satpol PP. Petugas gabungan membentuk barisan di depan pagar pintu masuk gerbang kantor Gubsu. (fir/sdf)

Feeds