Wahoo Medan Juara Umum Kerapsu 2015

Perkumpulan renang Wahoo Medan juara

Perkumpulan renang Wahoo Medan juara

POJOKSATU.id, MEDAN- Perkumpulan renang Wahoo Medan tampil sebagai juara umum kejuaraan renang antar perkumpulan se Sumatera (Kerapsu) 2015 yang berakhir kemarin di Kolam Renang Selayang, Medan.

Sukses tersebut usai mengoleksi raihan medali terbanyak dengan 25 emas, 25 perak, dan 19 perunggu dengan nilai total 610 poin. Selain juara umum, tiga perenang andalan Wahoo juga berhak menyabet penghargaan sebagai atlet terbaik di masing-masing kelompok umur. Mereka adalah Resi Dwi Ananda (KU 1 puteri), Dinda Syafira Putri (KU 2 peteri) dan Andi Permatani (KU 3 putera).

Sementara runner Up Kerapsu 2015 diraih klub Jaka Utama Bandar Lampung dengan mengemas 382 poin (15 emas, 8 perak, 16 perunggu. Posisi tiga besar Tri Prima Medan dengan 327 poin (13 emas, 11 perak, 8 perunggu). Kemudian Jakabaring Palembang di posisi empat dengan meraih 211 poin (13 emas, 12 perak, 1 perunggu), serta posisi kelima Womens Padang dengan 165 poin ( 4 emas, 11 perak, 3 perunggu).

Pelatih kepala Wahoo club, Brian Howard mengatakan, prestasi tersebut merupakan raihan awal terbaik sejak wahoo berdiri. “Dari awal kita tidak targetkan juara umum, cuma saya lakukan yang terbaik aja buat perkumpulan kami ini,” ucapnya.

Ia mengaku, persaingan klub yang ambil bagian pada Kerapsu tahun ini cukup ketat dan berimbang. “Rekor catatan waktu memang belum ada yang bisa memecahkan ya. Tetapi, secara umum perkembangan atlet cukup baik, dan mudah-mudahan pembinaan di seluruh klub kedepan terus berkelanjutan agar tidak berhenti sampai disini prestasi mereka,” tambahnya.

Khusus kepada ketiga atletnya yang mendapat penghargaan sebagai atlet terbaik, diharapkan mereka adalah bibit masa depan perenang PRSI Sumut di kancah nasional. Karena itu, pria yang juga menjabat sebagai wakil ketua Komtek PRSI Sumut ini berharap terus meningkatkan porsi latihan jelang Porwil 2015 serta Kerapsi Desember Mendatang.

Sementara itu, asisten Deputi Bidang Pembibitan Kemenpora , Whingston Galingging mengapresiasi penyelenggaraan Kerapsu 2015 yang berjalan lancar. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama disporasu dan PRSI Sumut yang telah memfasilitasi penyelenggaraan dengan baik.

“Kalau kita tidak menilai prestasi atlet secara khusus, namun saya melihat penyelenggaraan di Medan kali ini berjalan dengan sukses dan meriah,” ucapnya.

Dijelaskannya, untuk mengetahui seorang atlet memiliki potensi besar, memang membutuhkan proses panjang hingga mencapai usia dewasa.

“Even ini bertujuan dalam menggairahkan kembali eksistensi sebuah perkumpulan, sekaligus indikator untuk menilai dan mengevaluasi prestasi masing-masing klub. Karena itu, kedepan melalui kejuaraan ini seorang pelatih harus lebih jeli melihat atlet yang berpotensial menjadi atlet nasional. Karena renang itu indikatornya adalah tinggi badan. Jadi kita bisa lihat dia pantas menjadi atlet nasional kalo tinggi badannya minimal 180 cm,” tambahnya.

Sementara itu, Kadispora Sumut diwakili Kabid sarana dan Prasarana Sujamrat Amro, mengucapkan terima kasih kepada kemenpora yang mempunyai perhatian khusus untuk mengadakan kejuaraan ini secara berkesinambungan, sekaligus membantu sepenuhnya dalam hal pendanaan.

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang telah mau bekerjasama dalam menyukseskan even kali ini. Selain itu kepada wasit, dan juri yang telah melaksanakan tugas dengan baik,” ucap Sujamrat.

Sebelumnya, Kerapsu 2015 diikuti 441 atlet dari 40 klub renang yang ada di 10 provinsi Sumatera. Selain itu, 2 klub undangan dari Malaysia. Sedangkan dari hasil rapat antar perkumpulan,  memutuskan Provinsi Riau ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara 2016. (sdf)

Feeds