Pj Bupati Samosir, Tobasa, Humbahas dan Pj Wali Kota Siantar Dilantik

Pj wali kota Siantar saat dilantik Plt Gubsu

Pj wali kota Siantar saat dilantik Plt Gubsu

POJOKSATU.id, MEDAN- Empat Pelaksana Jabatan (Pj) Kabupaten/Kota dilantik Plt Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi di Aula Martabe, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Jumat (16/10/2015).

Keempatnya adalah Anthony Siahaan sebagai Pj Bupati Samosir, Hasiholan Silaen sebagai Pj Bupati Toba Samosir (Tobasa), Bukit Tambunan sebagai Pj Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) dan Eddy Sofyan sebagai Pj Wali Kota Pematang Siantar.

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan fakta integritas langsung di depan para undangan dari jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sumut, jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sumut dan sejumalah SKPD masing-masing daerah.

“Pengangkatan 4 Kepala Daerah ini karena berakhirnya masa jabatan Bupati/ Wali Kota sekaligus untuk mengisi kekosongan kepemimpinan sebagai persiapan menjelang Pilkada serentak. Penjabat diimbau untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi jika ada kebijakan yang bersifat fundamental. Pemerintah Provinsi selanjutnya akan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri,” katanya.

Tengku Erry mengingatkan, Pj Bupati dan Pj Wali Kota yang baru dilantik untuk melanjutkan program pembangunan sesuai perencanaan dan penganggaran yang telah dirumuskan Bupati dan Wali Kota sebelumnya.

“Tanggung jawab Pj Bupati dan Pj Wali Kota merupakan masa transisi. Untuk itu, jangan melakukan perubahan bersifat fundamental sehingga mengganggu berlangsungnya program pejabat sebelumnya,” tambahnya.

Empat Pj Bupati dan Pj Wali Kota itu juga harus berkomitmen menyukseskan pelaksanaan Pilkda secara serentak di daerah masing-masing dengan merangkul legislatif, eksekutif, yudikatif dan seluruh komponen masyarakat. “Jaga netralitas PNS dan tanamkan tekat Sumut menjadi contoh minim sengketa pada Pilkada serentak secara nasional,” pesannya.

Khusus Pj Bupati Humbahas, Erry berpesan untuk menjaga stabilitas keamanan dan kerukunan antarumat beragama, terkait masuknya pengungsi akibat konflik intoleransi di wilayah Aceh Singkil, Aceh.

“Kabupaten Humbahas berbatasan dengan Tapanuli Tengah (Tapteng) yang saat ini menampung pengungsi asal Aceh Singkil. Saya berharap, Penjabat Bupati Humbahas turut berperan membantu jika ada pengungsi yang memasuki wilayahnya,” harapnya. (sdf)

Feeds

Nias Barat Diguncang Gempa

Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 20.17 WIB dengan berkekuatan 4,2 Skala …