Kasatlantas Jago ‘Ngetrail’ Ini Dicopot

Kompol M Hasan saat beraksi di atas trailnya

Kompol M Hasan saat beraksi di atas trailnya

POJOKSATU.id, MEDAN- MEDAN-Masih ingat dengan perwira polisi yang satu ini, Komisaris Polisi (Kompol) Muhamad Hasan. Dia piawai dalam mengendarai sepeda motor trail dan juga aksi freestyle-nya. Namun, ternyata Hasan dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polresta Medan. Padahal, dia baru menjabat sekitar 6 bulan lamanya.

Kabar pencopotan Kompol M Hasan tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/1208/X/2015, yang dikeluarkan Kapolda Sumut Inspektur Jendera Polisi (Irjen Pol) Ngadino. Jabatan Hasan diisi oleh Kompol Rudi Silaen, yang selama ini menjadi Kapolsek Percut Sei Tuan. Sementara Hasan dikabarkan menjabat sebagai perwira menengah (Pamen) di Biro Perencanaan dan Anggaran (Rorena) Polda Sumut.

Dicopotnya Hasan dari jabatannya bukan karena aksi ‘ngetrail’-nya, tetapi disebut-sebut akibat merebaknya isu pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan biaya tak wajar. Sebab, tim Mabes Polri dari Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) turun melakukan penggerebekan di kantor Hasan akhir September 2015 lalu.

Beberapa petugas Satuan Lalu Lintas Polresta Medan dan PNS yang membidangi urusan SIM, diamankan serta dimintai keterangannya. Tim dari Mabes Polri itupun juga menyita sejumlah berkas yang diduga kuat sebagai barang bukti adanya penyimpangan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Ngadino mengakui bila Kompol M Hasan dicopot dari jabatannya. “Benar, sudah keluar TR-nya (Telegram, Red),” katanya belum lama ini.

Meski begitu, Ngadino membantah dicopotnya Hasan terkait penggeledahan di kantor Satuan Lalu Lintas Polresta Medan mengenai isu pengurusan SIM dengan biaya tak wajar.

“Ini tidak ada hubungannya dengan penggeledahan tim Propam Mabes Polri,” ujar jenderal bintang dua ini. (fir/sdf)

Feeds