Setelah Sabu 300 Kg, Giliran Ganja 1 Ton Diamankan di Medan

Ganja

Ganja

POJOKSATU.id, MEDAN- Sebanyak satu ton lebih ganja kering asal Aceh yang sudah dipaketkan dan siap didistribusikan ke bandar atau pengedar di Medan gagal beredar.

Pasalnya, barang haram tersebut diamankan petugas Unit Reskrim Polsek Medan Timur dari dua tempat berbeda, Minggu (18/10/2015) dinihari.‬

Menurut informasi yang diperoleh dari kepolisian, ganja itu diamankan dari dua lokasi, kawasan Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan dan Desa Bandar Baru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Ganja tersebut berasal dari Desa Blangkeren, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.‬

Awalnya, petugas mendapatkan informasi tentang peredaran gelap narkotika ini. Selanjutnya petugas melakukan penyelidikan dengan menyamar sebagai pembeli (undercover buy) di kawasan Pasar X Tembung. Dari undercover buy tersebut disepakati 40 kg ganja.

Di saat bertransaksi dan barang ditunjukkan di dalam mobil Avanza BK 1532 IJ, petugas pun langsung melakukan penangkapan terhadap Zulfan (28). Ketika diintrogasi, warga Jalan Mesjid Taufik, Medan Perjuangan ini mengaku akan masuk lagi paket ganja sebanyak 1 ton dari Aceh ke Medan melalui jalur Brastagi.

Mendapat informasi tersebut, petugas kemudian melakukan pengembangan hingga akhirnya mendapati ganja itu dari truk Colt Diesel BK 8583 CV yang terparkir di Restoran Sehati Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara. Saat digeledah, ternyata paket ganja tersebut disimpan di balik buah kelapa.

Tanpa buang waktu, petugas kemudian membawa 1 ton barang haram tersebut berikut dua orang yakni Tika (28) dan Talib (31), asal Blangkejeren, Aceh.

Kanit Reskrim Polsek Medan Timur AKP Alexander Pilliang mengatakan, pihaknya masih melakukan pengembangan lebih lanjut.

“Nanti akan kita paparkan, saat ini masih dilakukan pengembangan untuk mencari bandar dan pemilik ganja tersebut,” ujarnya singkat.

Sehari sebelumnya, tepatnya Sabtu (17/10/2015) sabu sebanyak 300 Kg digrebek oleh tim gabungan BNN dan polisi dari gudang di kawasan Titi Papan Medan. (fir/sdf)

Feeds