Haornas, Wacanakan Sport Centre di Pancing

Peraih penghargaan di even Haornas 2015

Peraih penghargaan di even Haornas 2015

POJOKSATU.id, MEDAN- Plt Gubernur Sumatera Utara Ir HT Erry Nuradi mengidamkan prestasi olahraga Sumatera Utara bisa kembali ke era kejayaannya. Karena itu, dia memiliki rencana membangun sport centre di Kawasan Jalan Pancing.

Hal itu dikatakan Erry Nuradi pada upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Provinsi Sumatera Utara di Halaman Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Medan, Senin (19/10) pagi. Erry mengaku cukup terpukul dengan kemajuan provinsi lainnya di Sumatera, terutama Sumatera Selatan.

“Saya baru pulang dari Palembang dan bertemu dengan Gubernur Sumsel. Beliau sangat bangga sekali dengan Stadion Jakabaring-nya yang katanya terbaik se-Indonesia,” ungkapnya.

Soal jumlah penduduk, tuturnya, Sumut mencapai 14 juta jiwa yang mungkin setengahnya dari Sumsel begitu juga dengan anggarannya. Tapi soal sarana olahraga, daerah ini jauh tertinggal. Sumsel sudah menjadi tuan rumah PON 2004 dan tuan tumah SEA Games serta akan jadi tuan rumah Asian Games dan berbagai turnamen internasional.

“Di bidang olahraga kita tertinggal jauh, 2004 mereka tuan tumah PON. Sementara kita sudah sangat lama, yakni 1953. Jadi kalau dihitung sejak PON 2004, maka Sumut sudah tertinggal 11 tahun. Kalau kita nanti tuan tumah 2024 maka ketinggalannya sudah 20 tahun,” papar Erry yang merasa miris dengan realitas bahwa satu-satunya stadion kebanggaan Sumut yakni Stadion Teladan, dibangun sejak tahun 1953 dan kini kondisinya sudah tidak representatif.

Untuk itu, pada 2016, pihaknya berencana mencanangkan kawasan Kantor Gubernur lama di Jalan Pancing, menjadi pusat olahraga (sport centre) yang terintegrasi.

“Di kawasan itu sekarang sudah ada beberapa sarana olahraga dari mulai stadion sepak bola mini, GOR Futsal, Gedung Serbaguna dan akan segera dibangun Gedung Bowling. Dengan luas lahan 25 hektar, mudah-mudahan bisa kita bangun sarana yang lain sehingga menjadi sport center,” jelasnya.

Satu hal yang patut dicontoh, beberapa venue yang dibangun di Sumsel, bukan sepenuhnya dari dana APBD. Sebagian merupakan venue yang didirikan perusahaan-perusahaan maupun BUMN.

Hal ini sebenarnya bisa diterapkan di Sumut mengingat banyaknya perusahaan yang sebenarnya mampu membangun venue yang representatif. Hanya saja, pemerintah harus menyiapkan lahannya.

“Kami akan undang para stake holder, BUMN/BUMD serta perusahaan besar di Sumut untuk membahas proyek ini. Kita tidak akan ambil uang mereka secara langsung tapi akan menyiapkan lahan agar bisa dibangun sarana olahraga,” jelasnya.

Secara khusus, pada peringatan Haornas ke-32 kali ini, tercatat 57 pelaku olahraga menerima penghargaan. Menurut HT Erry Nuradi, penghargaan ini sangat pantas dilakukan karena merekalah yang sudah berjuang mengangkat nama Sumut di pentas nasional hingga internasional.

“Mereka masih memiliki rasa cinta pada Sumut walaupun pemerintah belum memberikan penghargaan maksimal. Terimakasih kepada para teladan,” ujarnya. (sdf)
Para Penerima Penghargaan Haornas 2015:

Pembina Olahraga:
H Baharuddin Siagian SH MSi (Kadisporasu), Nurkarim Nehe (KONI asahan), Drs Hj Dahliana SH MSi (pencaksilat), Feri Iskandar (catur), Elwin Siregar (otomotif).

Olahragawan Berprestasi
Pamelius Giawa (atletik/Peparnas), Agus Brutu (atletik/Peparnas), Zumidar Oktina, Adinda Mawardah, Rizka Andika (pencaksilat), Alan Sastra Ginting (atletik/Asian Paragames), Ayu Rahayu (angkatberat/Asian Paragames), Harjono Tarihoran (atletik/Asian Paragames), Anto Boy (angkat berat/Asian Paragames), Nurtani Purba (angkat berat/Asean Paragames), Juan Maulana Harahap (basket), Sarohatua Lumbantobing (tinju), Jaka Kurniawan, Marlando Sihombing (biliar), Al Sendradoehan Sibambrla (senam), Srunitasari Sukatendel, Jhoni Abdila Sibarani, Dwi Fadillah, Desynta Banurea, Choirul Efendi Lubis, Daniel (karate), Eddy WS (balap mobil), Firman Farera (balap motor), Aldi Lukman, Fredy, Haris Horatius, Juwita Niza Wasni, Lindswell, Hendrik Tarigan (wushu).

Wasit Berprestasi
Erwin Harahap (bola basket)

Pelatih Berprestasi:
Bambang Widowasono (pencaksilat), Amir Hasan Siregar (tinju), Pondang P Sinambela (senam), Sandry Liong (wushu), Gusar Sitanggang (dragon boat)

Penggerak Olahraga:
Hendra Sammy (sepeda), Letjen TNI Edy Rahmayadi (sepakbola)

Jurnalis Olahraga:
M Noor (Analisa), Toga Sitohang (SIB), Nurlan Efendi Sagala (Realitas)

Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan:
Drs. Yan Foster Sibarani (SMPN 45 Medan), Herijanto (bola basket).

Badan Usaha/Instansi/Lembaga/Organisasi Olahraga:
Pemkab Samosir, Pemko Tebingtinggi, KONI Medan, Yayasan Sutomo Medan, Ponpes Ar Raudhatul Hasanah, STIE Eka Prasetya

Tokoh Olahraga:
Drs Sofyan Tan (bola basket), Hj Ellya Rosa Siregar SPd MM (Labuhanbatu)

Keluarga Berprestasi Olahraga:
Rudi Rinaldi SSos MAP (renang), Ramini (bola voli).

Feeds