Ijazah S2 Rp 40 Juta Nego, Sehari Siap, Minat?

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, MEDAN- Mirza, Jaksa Penuntu Umum (JPU) sidang penerbitan ijazah palsu dengan terdakwa Marsaid Yushar yang juga rektor University of Sumatera mengatakan, Marsaid tertangkap tangan saat menyerahkan ijazah S2 palsu kepada seorang pemesan.

Kasus yang ditangani pihak Polresta Medan ini merupakan operasi tangkap tangan. “Jadi ijazah itu sehari selesai tanpa perkuliahan dengan bayar Rp 15 juta. Itu nego, dari 40 juta yang diminta terdakwa,” kata Mirza.

Dia juga menambahkan bahwa menurut pihak Kopertis, Univertity of Sumatera ini tidak memiliki izin sebagai penyelengggara pendidikan tinggi.

Sebagaimana diketahui, Marsaid memiliki Kampus I di Jalan Letda Sujono, Medan Tembung, Sumatera Utara. Sedangkan Kampus II University of Sumatera menumpang di Gedung SMP Swasta PGRI, Jalan Marelan Raya, Kecamatan Medan Marelan.

Marsaid, dalam menjalankan usahanya mencetak ijazah tersebut di berbagai tempat. Yakni di rumah tersangka, di Delitua, Percetakan ABC Jalan Mahkamah Medan hingga di dalam mobil di Jalan Gatot Subroto Medan.

Adapun barang bukti yang diamankan dari tersangka, yakni format ijazah S1, S2, S3 (ribuan lembar), ribuan lembar kertas brosur reklame. Satu unit mobil Toyota Vios BL 1308 LG, transkip nilai, uang tunai Rp15 juta, tesis S2 dan tesis S3 (asli), blangko ijazah kosong, skripsi, blangko kartu tanda mahasiswa (KTM) dan film/master ijazah.

Sebelum persidangan Selasa (20/10/2015), Marsaid mengatakan, sebelumnya, pihaknya juga sudah diperiksa pihak Polda Sumut untuk kasus tersebut, tetapi tidak ada masalah apa-apa.

“Saya tidak tahu ini kenapa dibilang legal atau tidak legal, karena izinnya saya dapat waktu pak Rajab Lubis menjabat Kadis Pendidikan Kota Medan,” katanya.

Dia menyebutkan, University of Sumatera memiliki sekitar 6.000 mahasiswa kendati setiap tahun rata-rata yang lulus hanya berkisar 100 orang. Sementara, dia mengatakan, untuk perizinan dari Kemenristek Dikti, pihaknya juga memiliki izinyang jelas.

“Akreditasi kami B, memang terakhir berlaku 2013, sudah cukup lama. Tapi kami punya nomornya,” ungkapnya. (sah/sdf)

Feeds

Resmi Menjanda Lagi, Musdalifah Bersyukur

POJOKSUMUT.com, MUZDALIFAH harus menerima kenyataan kembali berstatus janda. Pun demikian, dia mengaku bersyukur setelahPengadilan Agama Tangerang telah mencabut status pernikahannya …

Babak I : PSMS Vs Persita : 0-0

Dua menit kemudian, gelandang serang Persita Henry Rivaldi kembali lolos dari kawalan pemain PSMS, mampu melepaskan tendangan keras namun melenceng …