Kabut Asap Makin Pekat, Penerbangan Kacau

Kabut asap menyelimuti Bandara Kualanamu

Kabut asap menyelimuti Bandara Kualanamu

POJOKSATU.id, MEDAN- Kabut asap kiriman dari kebakaran hutan di Riau dan Jambi semakin tebal menyelimuti udara Kota Medan dan sekitarnya. Efeknya beragam. Mulai diliburkannya seluruh kegiatan belajar mengajar di Medan, hingga ditundanya sejumlah penerbangan di Bandara Kualanamu.

Sabtu (24/10/2015), ratusan penumpang maskapai Lion Air JT 902 tujuan Bandara Husein Sastranegara (Bandung) bahkan ricuh di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Medan, Sumatra Utara.

Pesawat Lion Air JT 902 tersebut dijadwalkan berangkat dari Kualanamu pada 13.45 WIB. Namun, sampai pukul 17.15 WIB, pesawat tersebut dikabarkan tak kunjung tiba di Bandara Kualanamu, sehingga ratusan penumpang tersebut protes di bagian check in Lion Air, Bandara Kualanamu.

“Dari jam 13.00 WIB enggak berangkat-berangkat. Citilink sudah dua kali berangkat, kan gila. Sudah enggak logika! Apa-apaan ini!” ujar Suryadi (47) penumpang Lion Air JT 902 yang juga warga Sungai Sikambing, Medan, di Bandara Kualanamu.

Manajer Kantor Lion Air pada Bandara Kualanamu Diki mengatakan, keterlambatan pesawat tersebut akibat kabut asap. “Dikarenakan cuaca asap yang di mana jarak pandang terbatas,” kata Diki.

Dari keterangan Lion Air, pesawat JT 902 akan masuk ke Kualanamu pada 18.00 WIB dan akan berangkat pada 19.00 WIB.

“Kita tetap menunggu. Jam 18.00 landing,” kata Robi, supervisor operasional Lion Air.

Terpisah, menurut Indra Mulia Lubis sebagai Airport Duty Manager Angkasa Pura II Bandara Kualanamu, jarak pandang pada pukul 07.00 WIB mencapai 350 meter. Pada pukul 12.00 WIB naik menjadi 800 meter. Data itu berdasarkan laporan tower bandara dan BMKG.

Akibat kondisi tersebut, 10 penerbangan dari Jakarta dialihkan ke Batam dan Aceh. Kemudian, pada pukul 15.00 WIB, tutur Indra, sudah kembali ke Kualanamu enam penerbangan.

Tak hanya keberangkatan dari Kualanamu, penerbangan dari bandara lainnya ke Kualanamu juga terkendala akibat kabut asap ini.

Dari Bandara Soekarnao-Hatta Jakarta, sejumlah pesawat Garuda dari Jakarta pada Minggu (25/10/2015) belum bisa terbang ke Medan. Asap pekat di langit Medan dianggap tidak memungkinkan untuk mendaratkan pesawat di Bandara Kualanamu.

Hingga pukul 08.35, dua penerbangan Garuda menuju Medan masib terparkir di Bandara Soekarno Hatta. Kedua penerbangan yang seharusnya sudah terbang pada pukul 05.30 dan 06.45.

Pada Sabtu (24/10/2015), dua pesawat Citilink dan satu Sriwijaya Air dari Jakarta tujuan Bandara Kualanamu yang sempat dialihkan ke Batam.

Setalah menunggu cukup lama, pesawat Citilink QG-830 diterbangkan pukul 12.17 WIB, Sriwijaya Air terbang pukul 12.00 WIB dan Citilink QG-850 diterbangkan pukul 12.25 WIB. (sdf)

Feeds

Resmi Menjanda Lagi, Musdalifah Bersyukur

POJOKSUMUT.com, MUZDALIFAH harus menerima kenyataan kembali berstatus janda. Pun demikian, dia mengaku bersyukur setelahPengadilan Agama Tangerang telah mencabut status pernikahannya …

Babak I : PSMS Vs Persita : 0-0

Dua menit kemudian, gelandang serang Persita Henry Rivaldi kembali lolos dari kawalan pemain PSMS, mampu melepaskan tendangan keras namun melenceng …