Ada Batu Berumur Ribuan Tahun di Hotel Polonia

image

POJOKSATU.id,MEDAN-Fosil batu langka yang berusia ribuan hingga jutaan tahun, dipamerkan di Lobi Hotel Polonia Medan, Jalan Sudirman, Jumat (30/10/2015).

Sedikitnya, ada 34 fosil batu langka yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia pada pameran yang berlangsung hingga Minggu (1/11) besok.

Fosil batu langka itu memiliki keindahan serta keunikan pada bentuk dan coraknya. Karenanya, batu tersebut bernilai hingga ratusan juta rupiah.

“Batu-batu langka ini berasal dari Papua, Garut, Lombok, Maumere-NTT, Krui, Poso-Sulawesi dan Tanjung Tikus,” kata Hendri, salah seorang penyelenggara pameran.

Ia menuturkan, batu fosil yang berasal dari Maumere-NTT diperkirakan berusia ratusan juta tahun lalu dan mempunyai perpaduan lima warna.

“Menurut saya, yang paling tua di sini batu fosil Maumere-NTT. Usianya, diperkirakan ratusan juta tahun lalu. Batu ini warna dan disainnya unik, sehingga memiliki nilai jual tinggi. Untuk harganya bisa mencapai Rp 300 juta,” sebut Hendri.

Diutarakannya, batu-batu ini ditemukan di hutan maupun di sekitar gunung merapi yang sudah tidak aktif. Setelah ditemukan, batu tersebut didisain sekitar tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Penyelenggara pameran lainnya Edwin Winata menambahkan, ada peminat asal Korea yang menyukai batu fosil Indonesia. Konon, kata Edwin, batu fosil ini mengandung aura positif seperti membawa rezeki, kesehatan dan menolak bala.

Sementara itu, Nata, salah seorang pembeli fosil batu langka mengatakan, ia membeli salah satu batu asal Papua. Menurutnya, batu tersebut menarik hatinya dari segi bentuk, warna dan coraknya.

“Saya membeli batu tergantung hati, kalau suka saya beli. Kalau masalah harga rahasialah,” ucapnya.

Nata mengaku memiliki 20 koleksi batu dari berbagai daerah Indonesia, seperti Aceh, Bandung dan lainnya.

“Sudah hampir setahun terakhir saya mengoleksi batu. Karena, mencari fosil batu langka di mana lagi kalau tidak di Indonesia. Sudah saatnya kita cintai produk-produk Indonesia,” tuturnya. (fir/sdf)

Feeds