Indahnya Pulau Mursala, Tempat Syuting Film King Kong

Pulau Mursala layak jadi destinasi wisata traveler tanah air

Pulau Mursala layak jadi destinasi wisata traveler tanah air

Pulau Putri mempercantik Mursala

Pulau Putri mempercantik Mursala

POJOKSATU.id, MEDAN- Bagi sebagian masyarakat Indonesia, traveling sudah menjadi kebutuhan hidup. Traveling kerap dilakukan untuk melepas kepenatan dari rutinitas kerja.

Namun sebaiknya, traveling bukan semata bersenang-senang saja. Tetapi diharapkan mampu memberikan pengalaman baru, bahkan pandangan hidup yang baru ketika mengunjungi tempat yang diinginkan.

Nah, bagi para traveler, disarankan mengunjungi dan menikmati eksotisme Pulau Mursala dan Pulau Putri. Kedua pulau ini berada di Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumut.

Dilansir metrosiantar.com, untuk dapat mengunjungi dan menikmati destinasi wisata di kabupaten yang berjuluk ‘Negeri Wisata Sejuta Pesona’ ini, para traveler tidak perlu hawatir.

Jika anda dari Jakarta, maskapai Garuda Indonesia turut andil dalam mendukung pariwisata di Tapteng, dengan menyediakan maskapai terbaiknya yang setiap hari melayani rute penerbangan pulang pergi Jakarta-Bandara FL Tobing Pinangsori. Jarak tempuhnya, tidak lebih dari dua jam perjalanan.

Bagitu juga kalau para traveler dari Kota Medan. Bisa melalui Bandara Kuala Namu di Deliserdang dan hanya butuh 45 menit menumpang pesawat Garuda Indonesia atau Wings Air ke Bandara FL Tobing Pinangsori.

Namun bila anda senang melalui jalur darat, membutuhkan waktu 9 jam untuk sampai dari Kota Medan. Di Bandara, banyak tersedia mobil travel menuju ibu kota kabupaten, yakni Kecamatan Pandan.

Untuk tempat beristirahat yang nyaman, tak perlu hawatir. Di Pandan saat ini, sudah terdapat banyak tempat menginap. Salah satunya adalah PIA Hotel Pandan.

Memulai perjalanan menuju kedua pulau ini, anda dapat langsung mendatangi jasa penyewaan kapal jenis speed boat. Untuk mempermudah, biasanya penyedia jasa sudah melakukan kerjasama dengan manajemen hotel. Jadi jika anda menyebutkan tujuan anda hendak ke Mursala, pengelola penginapan atau hotel pasti akan memberitahukan penyedia jasa kapal atai speed boat mana yang sebaiknya anda sewa.

Nah, dalam satu kapal biasanya dapat memuat 20 penumpang. Namun itu yang biasa, ada juga yang penumpangnya lebih sedikit, bahkan ada yang memuat lebih banyak.

Untuk gambaran harga sewa, biasanya mencapai Rp1,5 juta sampai Rp2 juta.

Para traveler akan dianjurkan berangkat pada pagi hari. Sebab perjalanan menuju lokasi mencapai 2,5 jam.

Jika bernasib baik, saat di perjalanan menuju air terjun Pulau Mursala, kita akan menjumpai kawanan lumba-lumba yang tampak mendahului dan berlomba dengan speed boat yang kita tumpangi. Pasti ini pengalaman yang sangat menyenangkan, bukan?

Setelah meninggalkan kawanan lumba-lumba, tibalah kita di Pulau Mursala. Di sana, anda pasti akan berdecak kagum melihat eksotisme pulau ini.

Karena di sana, keindahan alam yang disajikan sangat mengagumkan dan bisa disebut masih ‘perawan’. Keindahan itu ada pada air terjunnya yang sangat unik, karena langsung jatuh ke laut Samudera Hindia. Bahkan kawasan hutan di sekitar air terjun itu masih terjaga dengan baik.

Air laut di sekitar jatuhnya air terjun itu pun sangat jernih dan menjadi pemandangan yang sangat menarik. Selain melihat air terjun, anda juga bisa melihat ke bawah. Ya, ke dasar laut.

Sebab akan terlihat banyak terumbu karang yang masih sangat terawat dengan berbagai macam jenis ikan-ikan kecil yang lucu dan unik.

Jadi tak heran jika tempat ini juga sangat layak dan dianjurkan bagi anda pencinta diving (menyelam, red), snorkeling (menyelam dangkal atau skin diving memakai masker selam, red).

Setelah puas menikmati air terjun Pulau Mursala dan diving serta snorkeling di bawah jatuhan air terjun, kita pasti akan dianjurkan mengunjungi Pulau Putri. Jarak tempuh dari air terjun Mursala ini hanya memakan watu 15 menit perjalanan.

Tiba di pulau ini, biasanya wisatawan lebih bisa bersantai dengan menikmati alam. Di sana, pasir pantainya putih dan ada pemandangan lain. Kita bisa melihat pulau-pulau kecil yang berdampingan dengan Pulau Putri tersebut. Air laut di kawasan ini cukup tenang. Jadi pengunjung pasti dianjurkan untuk snorkeling.

Traveler juga perlu tau, kalau produser film Hollywood juga terpesona dan jatuh hati dengan keindahan Pulau Mursala dan air terjunnya ini. Bahkan konon dulu pulau ini pernah menjadi lokasi shooting film King Kong.

Jadi jika anda perna melihat cover film ini, tampak jelas ada King Kong yang berdiri tepat di atas air terjun Pulau Mursala, menghadap arah lautan bebas ke Samudera Hindia. (sdf)

Feeds