Data Pemilih di Tanjung Gusta Belum Mutahir

Pilkada

Pilkada

POJOKSATU.id, MEDAN-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dilakukan. Tepatnya, 5 Desember 2015, mendatang tinggal sebulan lagi. Namun, belum ada kejelasan dari KPUD Sumut untuk dilakukan pemutahiran data calon pemilihan di Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan.

“Kita masih terus melakukan pendataan. Karena, warga binaan kita sesuai data ada masuk Deli Serdang, Medan, Aceh dan daerah lainnya,” ungkap Kepala Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan, Jumadi, Kamis (5/11/2015) siang.

Untuk memperjuangkan hak warga binaan sebagai pemilih dalam Pilkada serentak ini. Pihak Rutan terus melakukan konsultasi kepada KPUD Sumut, KPUD Kota Medan dan KPUD lainnya. Namun hingga kini, belum ada kejelasan dari pihak KPUD setempat.”Kita terus konsultasi, belum ada jawaban,” tuturnya.

Jumadi mengatakan dari 3.119 orang penghuni Rutan Tanjung Gusta, Medan dipikirakan memiliki hak suara sebanyak 80 persen. Bila tidak dilakukan pemutahiran data dari KPUD setempat. Rutan Tanjung Gusta Medan, rawan terjadi Golput.

“Makanya, kita terus kordinasi dengan KPU. Terakhir kita kordinasi bulan lalu. Nanti saya kabari bila ada kepastian dan informasi baru ini,” jelasnya.

Untuk menghindari Golput dalam Pilkada serentak ini, Jumadi mengharapkan pihak KPU di daerah lain untuk berkordinasi dengan pihak Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan.

“Belum ada langkah kesana. Tapi, jemput bola lah mereka (KPU). Tapi, akan kita data saja dulu semuanya,” kata Jumadi.

Dengan itu, pihaknya siap membantu dan menyukseskan Pilkada serentak tahun ini di Rutan Tanjung Gusta Medan.”Kita tetap mendata sesuai dengan alamat di KTP yang dimiliki warga binaan,” tuturnya.

Setelah dilakukan pendataan dan melakukan kordinasi dengan KPU didaerah lain. Jumadi rencana akan melakukan sosialisasi Pilkada serantak dan mempersiapkan perlengkapan pemilu didalam Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan.

“Saat ini, belum ada data final. Nanti saya kabari, kalau sudah ada data final dengan kordinasi bersama KPU. Baru kita lakukan selanjutnya untuk melaksanakan Pilkada ini,” imbuhnya.

Ditanyakan berapat tempat pemungutan suara (TPS) di Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan. Jumadi mengatakan 5 TPS, Namun secara teknis ada di KPUD setempat.”Kita hanya membantu dan memberikan fasilitas. Untuk pelaksaan secara teknis ada pada KPU sendiri,” tandasnya. (sah/sdf)

Feeds