Jaga 2.443 Napi, Kekuatan Lapas Tanjung Gusta Hanya 17 Orang per Regu

Kalapas Tanjung Gusta Arfan mendampingi Komjen Budi Waseso saat berkunjung ke Lapas Tanjung Gusta. | Foto: sah/pojoksatu.id

Kalapas Tanjung Gusta Arfan mendampingi Komjen Budi Waseso saat berkunjung ke Lapas Tanjung Gusta. | Foto: sah/pojoksatu.id

POJOKSATU.id, MEDAN- Kepala Lapas Tanjung Gusta, Arfan bercerita kepada Kepala BNN, Budi Waseso yang berkunjung ke lapas tersebut Selasa (10/11/2015). Dalam ceritanya, Kalapas mengatakan bahwa kekuatan karyawan lapas di tempatnya bertugas sangat minim.

Arpan mengatakan,  saat ini, dari 2443 warga binaan di Lapas Tanjung Gusta Medan sekarang,di antaranya terdiri dari bandar yang terkumpul secara nasional. Selain itu, sebanyak 62 orang menjalani hukuman seumur hidup, lima dari enam orang yang mendapatkan hukuman mati merupakan warga binaan kasus narkoba.

Sementara, dari jumlah 2443 warga binaan tersebut, kekuatan pegawai lapas hanya 17 orang per regu. Masing-masing regu berjumlah 17 orang ini berjaga dibagi dalam empat shift.

“Itulah yang membuat kami kadang kecolongan,  seperti peredaran handphone, kadang narkoba, Bagaimana mengawasi jumlah itu dari lantai 1 sampai 3 dengan  kemampuan terbatas,” bebernya.

Menurutnya, kebutuhan pegawai minimal untuk mengawal lapas sebanyak 75 orang dalam satu regu.

“Sekarang yang kami lakukan itu berdoa campur berdukun. Jadi harapannya, tentunya akan ada penambahan jumlah petugas di lapas ini. Kedatangan kepala BNN kami harap bias memberikan masukan terkait kondisi yang kami alami ini,” pungkasnya. (sah/sdf)



loading...

Feeds