3.000 Umat Hindu Akan Hadiri Perayaan Deepavali

Persiapan Deepavali di Medan

Persiapan Deepavali di Medan

POJOKSATU.id, MEDAN- Penjabat Wali Kota Medan, Drs H Randiman Tarigan MAP diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan, Hasan Basri meninjau persiapan Perayaan Deepavali 5117 Kaliyuga yang dipusatkan di lahan eks Taman Ria Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu petang (11/11/2015).

Direncanakan, 3.000 umat Hindu yang berasall dari seluruh penjuru Kota Medan, termasuk Binjai dan Deli Serdang akan menghadiri perayaan untuk menyambut kemenangan Dewa Rama atas Rahwana tersebut.

Didampingi Kabid kebudayaan Disbudpar, Fahmi Harahap, Hasan melihat para pekerja tengah mempersiapkan tenda dan panggung. Sejauh ini persiapan berjalan dengan lancar dan sebelum, Sabtu (14/11), seluruh persiapan dipastikan rampung. Sebab, perayaan Deepavali ini digelar Sabtu mulai pukul 19.00 WIB.

Menurut Hasan, Perayaan Deepavali ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Disbudpar Kota Medan. Kegiatan ini digelar sebagai wujud kepedulian Pemko Medan terhadap hari besar keagamaan. Selain Deepavali, Pemko Medan juga menggelar Ramadhan Fair, Christmas Season serta Waisyak.

“Perayaan keagamaan seperti ini kita laksanakan bertujuan untuk membangun kerukunan dan keharmonisan masyarakat Kota Medan yang multi etnis, suku dan agamanya. Kita harapkan melalui perayaan keagamaan ini dapat membangun keharmonisan, sehingga Kota Medan yang kita cintai ini semakin aman dan kondusif,” kata Hasan.

Di samping itu, Hasan juga ingin Perayaan Deepavali ini menjadi salah satu ikon yang dapat menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang mengunjungi ibukota provinsi Sumatera Utara. Sebab, perayaan ini akan diisi dengan seni tari dan atraksi budaya India yang cukup menarik dan mengundang decak kagum.

“Jadi saya menghimbau kepada seluruh umat Hindu di Kota Medan untuk beramai-ramai menghadiri Perayaan Deepavali ini. Tidak hanya umat Hindu, saya juga mengajak warga Kota Medan ikut menghadirinya juga. Soalnya banyak sekali atraksi kesenian dan budaya India yang akan ditampilkan,” ungkapnya.

Sementara itu Saga Dewan selakun Ketua Panitia Perayaan Deepavali didampingi Selwa Kumar selaku Sekretaris, Ketua PHDI Kota Medan Siwaji raji, Ketua Perada Medan Satia Mohan menjelaskan, mereka juga mengundang umat Hindu dari Malaysia untuk menghadiri Perayaan Deepavali ini. “Tidak sedikit umat Hindu dari Malaysia menyatakan kesediaan mereka untuk datang, sebab kita mengundang langsung ke sana,” jelas Saga.

Selain penampilan seni tari dan atraksi budaya, Perayaan Deepavali ini juga akan diisi dengan penyalaan pelita suci yang rencananya dilakukan Pj Wali Kota Medan Drs H Randiman Tarigan, Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto dan Dandim 0201/BS Kol Inf Maulana Ridwan. Dikatakannya, penyalaan pelita suci ini sebagai makna untuk menerangkan hati dan jiwa.

Sebelum menggelar Perayaan Deepavali, Saga juga mengatakan panitia telah melaksanakan bakti sosial dengan memberikan sekitar 500 paket sembako bagi warga Hindu kurang mampu yang bermukim di 5 lokasi di Kota Medan. “Semoga pemberian 500 paket sembako ini memberikan makna dan dapat dinimkati saudara-saudara kita yang kurang mampu untuk merayakan Hari Raya Deepavali,” harap Saga. (sdf)



loading...

Feeds