Bupati Buronan Ini Menghilang tanpa Jejak

Kasmin Simanjuntak

Kasmin Simanjuntak

POJOKSATU.id, MEDAN – Setelah dinyatakan buron sejak awal Oktober silam, Kejaksaan Negeri (Kejari) Balige belum juga mendapatkan tanda-tanda keberadaan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Non-aktif, Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

Tidak hanya Bupati Kasmin yang menghilang, istri dan anaknya juga sudah tidak berkantor sebagai anggota DPRD Tobasa sebulan lamanya.

“Berdasarkan pantauan kami selama ini, anak (Dodi Simanjuntak dan istrinya (Netty Boru Pardosi) sudah tidak berkantor selama sebulan. Namun tetap menerima gaji sebagai anggota DPRD Tobasa,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Balige, Haris Fadilah, Jumat (13/10/2015).

Dia menjelaskan, sebagai anggota DPRD Tobasa saat ini, kedua anggota DPRD Tobasa sudah tidak berkantor selama surat daftar pencarian orang (DPO) dikeluarkan pihak Kejari Balige. Disebutkan Haris, berbagai agenda pada DPRD Tobasa juga tidak lagi mereka ikuti.

“Kami juga meminta keterangan dari DPRD Tobasa, benar mereka sudah tidak berkantor sekitar satu bulan belakangan ini. Mereka juga absen saat rapat paripurna dan pembahasan P-APBD Tobasa,” jelasnya.

Tim eksekusi gabungan ini, juga mencoba nelpon dengan nomor telpon pribadi milik Netty Boru Pardosi namun tidak lagi aktif. Selain itu, pemantauan juga dilakukan di rumah pribadi Kasmin, namun hanya ada penjaga rumah. Begitu pun dengan kediaman Kasmin di kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara juga dipantau.

“Nomor hapenya juga nggak aktif lagi, begitu juga kediamannya juga hanya dijaga oleh penjaga. Rumahnya juga kosong. Penjaga rumah mengaku tidak tahu. Ini terus kita pantau sampai dapat kita eksekusi. Di Jakarta rumahnya juga kosong dan tidak ada aktifitas,” jelasnya.

Tim eksekusi Kejari Balige mengaku sudah melakukan kordinasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkuham) Sumut, bagian Keimigrasian. Untuk melihat riwayat perjalan Kasmin Simanjuntak bersama keluarga melalui Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA).

“Untuk pencekalan sudah. Sekarang kita akan berkordinasi dengan pihak setempat untuk melihat rekam perjalanannya keluar dari Sumut ini. Kami sedang menunggu jawabannya,” tuturnya. (sah/sdf)



loading...

Feeds