Disdik Banyak Dilaporkan ke KIP Soal Dana BOS

Dana BOS rentan diselewengkan

Dana BOS rentan diselewengkan

POJOKSATU.id, MEDAN – Sejak berdiri 2012 lalu hingga November 2015, Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sumut menangani penyelesaian sengketa informasi sebanyak 545 kasus. Sementara itu, tahun 2015 menjadi tahun penanganan sengketa informasi terbanyak yang dilakukan KIP Sumut yakni berjumlah lebih dari 200 kasus.

Wakil Ketua KIP Sumut, M Syahyan RW mengatakan, perhitungan tersebut diperoleh setelah pihaknya melakukan monitoring di 27 kabupaten/kota yang ada di Sumut minus Pulau Nias terkait keterbukaan informasi. Hasilnya kata Syahyan, sebagian besar badan publik masih belum terbuka dan transparan.

Untuk penanganan kasus tersebut katanya, sebanyak 82 kasus berhasil ditangani lewat mediasi 82 kasus, ajudikasi 92 kasus, ditolak 268 kasus,, gugur 37 kasus, penghentian proses sengketa 13 kasus, pencabutan permohoan 9 kasus dan sedang dalam proses 43 kasus.

“Sebagian badan publik masih belum terbuka, sama halnya dengan sebagian besar pejabat publik tidak menjalankan Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” katanya saat menjadi pembicara pada kegiatan dialog Keterbukaan Informasi Publik dengan tema Kerjasama Kelembagaan Pemerintah dan Non Pemerintah di Hotel Garuda Plaza, Selasa (17/11/2015).

Dia menyebutkan, Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten/kota menjadi pihak yang paling banyak dilaporkan masyarakat termasuk di 2015. Disdik seperti di Asahan, Medan, Langkat, Binjai dan lain-lain dinilai tidak transparan dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Yang paling banyak itu kepada Disdik kabupaten/kota terkait informasi penggunaan dana BOS,” katanya.

Tingginya jumlah sengketa informasi di 2015 menurutnya menunjukkan kondisi keterbukaan pejabat publik bukannya membaik malah semakin memburuk. Pernyataan itu juga dikuatkannya pada salah satu sidang sengketa informasi di Kabupaten Langkat dengan menyidangkan kepala dinas perhubungan (Dishub) Langkat. (sah/sdf)   



loading...

Feeds

Resmi Menjanda Lagi, Musdalifah Bersyukur

POJOKSUMUT.com, MUZDALIFAH harus menerima kenyataan kembali berstatus janda. Pun demikian, dia mengaku bersyukur setelahPengadilan Agama Tangerang telah mencabut status pernikahannya …

Babak I : PSMS Vs Persita : 0-0

Dua menit kemudian, gelandang serang Persita Henry Rivaldi kembali lolos dari kawalan pemain PSMS, mampu melepaskan tendangan keras namun melenceng …