1.500 Polisi Dikerahkan Amankan Pilkada Medan

Pilkada

Pilkada

POJOKSATU.id, MEDAN-Persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan yang tinggal tiga pekan lagi, terus dilakukan Kepolisian Resort Kota (Polresta) Medan.

Sesuai jadwal, Pilkada Kota Medan akan berlangsung pada 9 Desember mendatang. Untuk itu, guna menjaga dan mengantisipasi berbagai hal kemungkinan yang terjadi, Polresta Medan mengerahkan 1500 personelnya guna melakukan pengamanan.

Kepala Bagian Operasional Polresta Medan Komisaris Polisi Hamam Wahyudi mengatakan, personel yang dikerahkan tersebut terdiri dari semua Satuan yang ada. Mulai dari Intelkam, Reskrim, Sabhara, Lalu Lintas, hingga Binmas.

“Jumlah tersebut (1500 personel) merupakan gabungan dari Polda Sumut. Untuk personel yang dikerahkan, semua Satuan yang ada di Polresta Medan dilibatkan dalam pengamanan,” kata Hamam, Rabu (18/11).

Dijelaskannya, pengamanan Pilkada yang dilakukan pihaknya ada beberapa tahap. Mulai dari distribusi surat suara, kampanye pasangan calon Pilkada, pelaksanaan Pilkada, pengaman TPS hingga penghitungan hasil pemungutan surat suara.

“Kita berharap pelaksanaan Pilkada nantinya berjalan dengan aman dan lancar, tidak ada pihak-pihak yang melakukan kecurangan atau apapun. Namun, bila itu terjadi tentunya akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” ujar Hamam.

Untuk itu, ia menambahkan, dukungan dan peran serta masyarakat dalam menjaga kondusifitas Pilkada sangat dibutuhkan. Masyarakat dan pihak pendukung pasangan calon diharapkan agar saling menjaga guna keberlansungan pesta demokrasi ini.

Sementara itu, Kapolresta Medan Komisaris Besar Polisi Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin menjaga keamanan saat berlangsungnya Pilkada nanti. Karena itu, berbagai potensi yang menimbulkan kekacauan atau konflik akan dicegah.

Lebih lanjut dikatakannya, ia berharap kepada Pemerintah Kota Medan untuk menunda penertiban pedagang kaki lima di kawasan Jalan Sutomo, Jalan Akik dan Jalan Timah. Hal ini dilakukan untuk memfokuskan pengamanan pada Pilkada.

“Personel kita banyak dipersiapkan untuk pengamanan Pilkada. Jadi, untuk menjaga kondusifitas maka rencana Pemko Medan melakukan penertiban agar dilakukan setelah Pilkada selesai,” ujarnya. (fir/sdf)



loading...

Feeds