Ini Skenario Kapolresta untuk Pengamanan Pilkada 2015

Rapat koordinasi Pilkada Medan 2015

Rapat koordinasi Pilkada Medan 2015

POJOKSATU.id, MEDAN- Kapolresta Medan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto SiK dalam pemaparannya pada rapat koordinasi Pilkada Medan 2015 dengan Pemko Medan mengatakan, pengamanan untuk Pilkada kota Medan dilakukan berbeda.

Pada masa kampanye berlangsung, Polresta Medan menurunkan sebanyak 1.386 personel guna melakukan pengamanan.

Sedangkan pada saat pemungutan suara berlangsung pada 9 Desember, pihaknya menurunkan 1.868 personel yang berasal dari Polresta, Sabhara dan Brimob Poldasu serta BKO dari Kodim 02/01 BS sebanyak 100 personil untuk mengamankan 2.375 TPS di Kota Medan

“Kita akan menurunkan 2/3 jumlah seluruh personil Polresta Medan pada saat hari H berlangsungf, namun pada saat tahapan rekap di TPS nantinya personil yang ada akan dikurangi,” jelas Kapolresta.

Kapolresta selanjutnya mengungkapkan, untuk daerah rawan konflok di wilayah Polresta Medan sampai saat ini tidak ada, namun begitu pihaknya memiliki beberapa pola pengamanan Pilkada, yakni Pola Aman, Rawan 1 dan Rawan 2.

Hal ini dilakukan sesuai jarak jangkau per TPS disesuaikan dengan kondisi jumlah personil Polresta Medan, dan petugas TPS.

Untuk daerah Rawan I, Kapolresta menjelaskan pihaknya akan menurunkan 2 personel untuk mengamankan 1 TPS dibantu 2 PPTPS. Kemudian untuk daerah Rawan II, pihaknya menurunkan 2 personel mengamankan 3 TPS bersama 6 PPTPS. Sedangkan untuk daerah Aman, personel yang diturunkan 2 orang untuk menjaga TPS bersama 10 PPTPS.

Terkait dengan netralitas PNS, Kapolresta minta mewaspadainya dan minta Panwaslu untuk benar-benar melakukan pengawasan. Kemudian minta Pj Wali Kota agar menindak tegas para PNS yang tidak netral.

“Saya harapkan PJ Wali Kota menindak secara secara tegas apabila ditemukan PNS yang termobilisasi. Kepada Panwaslu gara segera menginformasikan jika terdapat PNS yang termobilisasi, sebab terdapat sanksi jika hal itu terjadi,” ungkap Kapolresta.

Sementara itu Kapolresta Belawan, AKBP Edy Suwandono mengatakan, wilayah hukumnya yang terdiri dari 4 Kecamatan dan 23 Kelurahan akan menurunkan sebanyak 482 Porsonil, guna mengamankan 649 TPS di wilayah hukum Polresta Belawan . Dari jumlah itu, 28 TPS rawan konflik yakni di kawasan Belawan I dan Belawan II. (sdf)



loading...

Feeds