Anjing Pelacak Lokal Jadi Tim BNN

Budi Waseso dan pemilik anjing pelacak, Sugiarto Tanjung. Foto: pojokpitu.com

Budi Waseso dan pemilik anjing pelacak, Sugiarto Tanjung. Foto: pojokpitu.com

POJOKSUMUT.com, SURABAYA—Kepala BNN Komjen Budi Waseso siap memuluskan rencana mengerahkan pasukan K9 anjing pelacak untuk mengendus narkotika. Pria yang akrab disapa Buwas itu mengatakan, akan memilih anjing jenis lokal Indonesia.

“Mengingat jenis ini selain banyak di Indonesia juga lebih mudah dalam hal perawatan karena sudah terbiasa dengan iklim Indonesia,”  kata Buwas di kediaman pemilik anjing pelacak di Surabaya, Sugiarto Tanjung, Sabtu (27/2).

Rencananya, anjing pelacak ini akan ditempatkan di seluruh BNN kabupaten/kota se Indonesia. Namun, tetap menggunakaan skala prioritas.  Ia belum merinci keseluruhan daftar kota penyebaran pasukan K9.

“Karena kebutuhannya berbeda. Kami prioritaskan daerah-daerah yang selama ini selalu menjadi pintu masuk dan keluar transaksi narkoba. DKI Jakarta,Jabar dan Jatim masuk dalam prioritas. Sedangkan untuk daerah yang sepi dari aktivitas peredaran narkoba, maka unit anjingnya ya sedikit saja,” katanya.

Kehebatan anjing pelacak ini mampu mengendus narkoba lebih hebat dari X ray. Bahkan anjing pelacak ini bisa mengendus narkoba yang tersimpan rapat di dalam lemari.

(flo/jpnn/sdf)



loading...

Feeds

Digugat PKB, Begini Reaksi KPU Medan

"Apapun keputusan Bawaslu nantinya, kita harus hormat dan menjalankan hasilnya. Kalau memang kalah di Bawaslu, maka mungkin bisa menempuh ke …