BNN Bakal Pekerjakan Anjing Pelacak di Hiburan Malam

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, SURABAYA – Kepala BNN Komjen Budi Waseso tidak main-main untuk menggempur para gembong narkoba yang masih berkeliaran. Tekadnya juga sudah bulat untuk membentuk pasukan anjing K-9.

Kemarin (27/2) dia mencari anjing K-9 di Surabaya. Anjing-anjing itu bakal mendukung kinerja BNN dalam mengendus barang bukti narkoba.

Pria yang populer dengan panggilan Buwas tersebut tampak bersemangat saat berkonsultasi dengan Sugiharto Tandjung, pemilik penangkaran anjing di Jalan Sumatra Nomor 86. Itu tempat blusukannya demi mencari anjing. Tidak hanya bertanya tentang kemampuan, Buwas juga berkonsultasi tentang cara merawatnya.

Nanti seluruh jajaran BNN se-Indonesia memiliki unit K-9. Jumlahnya sesuai dengan kebutuhan. Daerah-daerah yang menjadi sarang peredaran narkoba akan menjadi prioritas. Termasuk Kota Pahlawan yang memiliki pelabuhan besar dan tempat hiburan malam.

Saat berbincang dengan Sugiharto, Buwas sempat melontarkan canda. ”Taruh aja seratus anjing di tempat hiburan malam, pasti yang bawa narkoba ketakutan mau keluar,” kelakar polisi asal Pati itu.

Untuk tahap awal, mungkin belum semua jajarannya akan memakai jasa K-9. BNN akan lebih melihat peta potensi ancaman peredaran narkoba, bukan mempertimbangkan besar kota. Buwas menjelaskan, meski memiliki wilayah kecil, jika peredaran narkobanya mengkhawatirkan, daerah itu menjadi prioritas.

Soal anggaran yang disiapkan pemerintah, Buwas belum mengetahuinya. Namun, lembaga antimadat yang dipimpinnya itu akan berhemat. Salah satu caranya adalah memilih anjing lokal. Meski beda postur, keahlian anjing lokal tidak kalah.

”Harganya juga relatif lebih murah,” beber alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1984 tersebut.

(did/c11/fat/flo/jpnn/sdf)



loading...

Feeds