Pendaftaran SNMPTN Telah Dibuka‪

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Panitia SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi) tahun 2016 sudah mulai membuka akses pendaftaran bagi siswa-siswi yang ingin mendaftarkan dirinya sebagai calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN atau jalur undangan ke Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, Senin (29/2).

Ketua Panitia PTN SNMPTN Universitas Negeri Medan (Unimed), Prof Abdul Hamid melalui Humas Unimed, M Surip mengatakan, pendaftaran SNMPTN ini dibuka sejak 29 Februari hingga 12 Maret mendatang.

Siswa yang bisa melakukan pendafataran adalah siswa yang sudah memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan password login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

“Pendaftaran yang dilakukan adalah mengisi biodata, pilihan PTN dan program studi serta mengupload pasfoto resmi terbaru serta dokumen prestasi tambahan jika ada. Untuk pendaftar pada prodi seni dan keolahragaan wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id” ungkapnya.

Kata Abdul Hamid, setelah mengisi biodata, pendaftar mencetak kartu tanpa peserta sebagai bukti peserta SNMPTN. Bagi sekolah atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di Plasa Telkom di seluruh Indonesia.

Pencetakan kartu tanda peserta ini nanti dijadwalkan 22 Maret sampai 21 April mendatang dan proses seleksi dilakukan 24 Maret sampai 8 Mei.

“Kemudian, pengumuman seleksi akan dilakukan pada 10 Mei. Terakhir, proses verifikasi dan pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi digelar 31 Mei bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2016,” terangnya.

Dia menyebutkan, Unimed sendiri tahun ini menyediakan daya tampung mahasiswa baru yang sekitar 5.000 orang. Dari jumlah tersebut, untuk jalur undangan atau SNMPTN, pihaknya memberikan kuota sebesar 40 persen atau sekitar 2.000 orang.

Sebelum masa pendaftaran, sudah dilakukan sosialisasi ke-16 kabupaten kota se-Sumut dan didominasi ke daerah yang terjauh.



loading...

Feeds