Kapoldasu yang Baru Banyak PR

Markas Poldasu

Markas Poldasu

POJOKSUMUT.com, MEDAN– Penyidikan tiga kasus pembunuhan yang disinyalir melibatkan oknum polisi jelang pergantian pucuk pimpinan Polda Sumut, hingga belum terselesaikan. Kasus tersebut terkesan ‘jalan di tempat’.

Anggota Komisi A DPRD Sumut, Sutrisno Pangaribuan menuturkan, ada sejumlah kasus pidana yang disinyalir melibatkan oknum polisi.

Politisi dari fraksi PDI Perjuangan ini ‎berpendapat, dengan dijabatnya Irjen Raden Budi Winarso sebagai Kapolda Sumut dapat membersihkan bagian internal di tubuh polisi.

“Latar belakang Irjen Raden Budi Winarso adalah Propam Mabes Polri. Nah, sebenarnya banyak kasus pidana yang melibatkan oknum polisi sendiri. Mungkin inilah yang ingin dibersihkan oleh pejabat Kapolda Sumut yang baru nanti. Artinya, oknum polisi yang terlibat dalam sejumlah kasus pidana ingin dibersihkan,” ujar Sutrisno saat berada di Polda Sumut, Senin (29/2).

Sutrisno menyebutkan, tiga kasus pidana yang disinyalir melibatkan oknum polisi, yakni tewasnya seorang ibu rumah tangga bernama Dusun Mariana Siagian (60) di rumahnya sendiri di Jalan ‎Bunga Kenangan Kelurahan Selayang II, Medan Selayang pada September 2014.

Kemudian, tewasnya kader PDI Perjuangan Batangkuis, Zaelani (45) warga Lorong Seri Dusun VII, Desa Tanjung Sari, Batangkuis, Deliserdang pada Oktober 2015.

Terakhir, tewasnya kader Perindo Medan Johor, Gidion Ginting (40) saat berada di Pusat Pasar Jalan MT Haryono pada Rabu (28/12) lalu.

“Ketiga‎ kasus ini disinyalir melibatkan oknum polisi. Dan hingga hari ini ketiga kasus ini belum diselesaikan. Tersangkanya juga hingga hari ini enggak ada,” beber Sutrisno .

Dia berharap kepada Kapolda Sumut, enam bulan ke depan sejak pelantikan Irjen Raden Budi Winarso, kasus-kasus tersebut dapat diselesaikan.

“Kapolda Sumut yang baru ini kan berlatang belakang Propam. Saya kira enam bulan beliau pasti selesaikan oknum polisi yang terlibat kasus pidana. ‎Mengapa kasus Kalijodo itu bisa diberantas saat ini? Apa bedanya Kombes di Jakarta dengan Kombes di Sumut, sama kan? Berarti kan ada yang salah di internal,” tukas Sutrisno.

(fir/sdf)



loading...

Feeds

Digugat PKB, Begini Reaksi KPU Medan

"Apapun keputusan Bawaslu nantinya, kita harus hormat dan menjalankan hasilnya. Kalau memang kalah di Bawaslu, maka mungkin bisa menempuh ke …