Awas Ketipu, Kenali 10 Modus Pengemis di Indonesia Ini

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-  Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki pengemis. Ada yang mengemis karena benar-benar tidak mampu mencari nafkah selain mengemis. Namun, tak sedikit pula yang diorganisir sindikat.

Tak jarang ditemukan pengemis yang memiliki kehidupan layak. Ada pengemis yang ditemukan memiliki sejumlah sertifikat tanah dan uang puluhan juta. Bahkan, ada pengemis yang memiliki rumah dan mobil mewah.

Salah satu kota yang menjadi syurga para pengemis adalah ibukota Jakarta. Para pengemis memadati tempat-tempat ramai di ibukota Jakarta untuk mengharap belas kasih dari para dermawan.

Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan pernah melansir bahwa pengemis di Jakarta bisa mengantongi penghasilan sekitar Rp 750 ribu hingga Rp 1 juta perhari. Artinya, pengemis Jakarta bisa mendapatkan penghasilan Rp15 juta sampai Rp20 juta sebulan.

Berikut modus penipuan pengemis paling kreatif di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber. Modus ini didasarkan pada fakta saat petugas Satpol PP atau Dinas Sosial melakukan penertiban pengemis.

1. Pengemis pura-pura tangan buntung

Sebagian pengemis berpura-pura tangannya buntung agar pengguna jalan iba melihatnya. Si pengemis melipat dan mengikat tangannya ke belekang, lalu menggunakan baju lengannya agak longgar, sehingga terlihat seperti orang buntung.

2. Pengemis pura-pura kaki buntung

Sama seperti modus pura-pura tangan buntung. Sebagian pengemis juga melakukan modus pura-pura kaki buntung. Kakinya dilipat ke belakang, lalu mengenakan celana agak longgar. Mereka duduk di jalan mengharapkan belas kasih dari para dermawan.

3. Pengemis pura-pura buta



loading...

Feeds

Digugat PKB, Begini Reaksi KPU Medan

"Apapun keputusan Bawaslu nantinya, kita harus hormat dan menjalankan hasilnya. Kalau memang kalah di Bawaslu, maka mungkin bisa menempuh ke …