Akhir Maret, Garuda Bakal Terbang ke Danau Toba

Presiden Joko Widodo diulosi sebagai ungkapan selamat datang di Bonapasogit Taput, oleh 
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs Nikson Nababan disaksikan Plt. Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, di Bandara Silangit Taput, Selasa (1/3/2016). | Foto: New Tapanuli

Presiden Joko Widodo diulosi sebagai ungkapan selamat datang di Bonapasogit Taput, oleh Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs Nikson Nababan disaksikan Plt. Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, di Bandara Silangit Taput, Selasa (1/3/2016). | Foto: New Tapanuli

POJOKSUMUT.com, TAPUT- Semangat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempercepat pengembangan Danau Toba sebagai satu dari 10 destinasi baru wisata bukan basa basi.

Jokowi langsung terbang ke Danau Toba, untuk meninjau progress penguatan konektivitas dan aksesibilitas seperti bandara, jalan dan pelabuhan.

Setelah pergantian penerbangan di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Presiden Joko Widodo terbang selama 40 menit menuju Bandara Silangit, dengan menumpang pesawat CN-295.

Jokowi tiba di Bandara yang terletak di Siborong-borong, Tapanuli Utara itu pada pukul 12.40 WIB.

Di Silangit, Presiden yang didampingi Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Plt. Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi disambut Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs Nikson Nababan dan jajarannya. Bupati Taput menyampaikan ulos sebagai ungkapan selamat datang di Bonapasogit Taput kepada Presiden begitu turun dari tangga pesawat.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi menyampaikan presentasi menyangkut kondisi tindaklanjut pengembangan Bandara bersejarah itu. Budi menjelaskan, pengembangan Bandara Silangit akan dimulai pada April dan selesai pada September 2016.

“Kami targetkan pengembangan bandara Silangit ini selesai pada September 2016,” ucap Budi.

Budi berjanji ke Jokowi, Bandara Silangit tuntas sebelum agenda Festival Danau Toba digelar di Brastagi, Kabupaten Karo, pada 19-22 November 2016. Bandara Silangit adalah satu-satunya bandara yang dekat dengan kawasan Danau Toba.

Pengembangan Bandara Silangit sesuai dengan arahan presiden pada rapat terbatas 2 Februari 2016. Kala itu Jokowi memerintahkan penguatan konektivitas menuju Kawasan Danau Toba.

Selanjutnya, Budi menjelaskan bahwa landasan akan diperluas dari 2400 x 30 meter menjadi 2650 x 45 meter dan apron memiliki dimensi 140 x 300 m2 dengan jumlah parking stand 4 Aircraft.

“Nanti dapat didarati pesawat terbesar Boeing 737-800, sehingga wisatawan dapat langsung menuju kawasan Danau Toba,” kata Budi.



loading...

Feeds