Hewan Sitaan dari Hairos dan Tamora Ditampung Dimana?

Burung Unta koleksi Taman Hewan Siantar. | file pojoksumut.com

Burung Unta koleksi Taman Hewan Siantar. | file pojoksumut.com

POJOKSUMUT.com, MEDAN – Pasca penyitaan puluhan hewan dilindungi dari taman rekreasi Hairos dan Taman Rekreasi Morawa Indah (Tamora) beberapa waktu lalu, hewan-hewan tersebut terancam mati.

Baca Juga: Komersilkan Hewan Dilindungi, Hairos dan Tamora Digrebek

Untuk keberlangsungan hidup satwa tersebut, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumut dan Polda Sumut tidak memiliki tempat yang representatif untuk menampung satwa hasil sitaan.

Ketua Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI), Rahmat Shah mengatakan, menitipkan satwa hasil sitaan tersebut ke Lembaga Konservasi (LK) seperti Taman Satwa Siantar menurutnya merupakan langkah yang tepat.

Lantaran di tempat tersebut hewan yang dilindungi tersebut akan dirawat sedemikian rupa, termasuk pengecekan kesehatan dan makanan yang layak.

“Taman Satwa Siantar itu salah satu lembaga konservasi hewan dan merupakan milik negara. Jadi hewan tangkapan tersebut keharusannya di lembaga konservasi dan setahu saya di BKSDA itu tidak  ada. Jadi kalau dititipkan, kami siap menerimanya,” kata Rahmat Shah di RAHMAT” International Wildlife Museum & Gallery, Selasa (1/3/2016).

Selain itu menurutnya, BKSDA bisa menitipkannya  seperti di Kebun Binatang Medan dan tempat penitipan lain yang layak. Tetapi dia mengingatkan, jangan sampai satwa hasil sitaan teresbut malah mati karena kurang perawatan setelah disita.



loading...

Feeds