Jokowi Resmikan Jalur Layang Kereta di Medan

Ilustrasi rel layang

Ilustrasi rel layang

POJOKSUMUT.com, MEDAN– Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan ground breaking jalur ganda kereta api layang relasi Stasiun Medan-Stasiun Bandar Khalipah. Agenda seremonial ini akan dilakukan di Km 2+800 dari jalur kereta anyar tersebut.

“Kementerian Perhubungan terus meningkatkan kualitas dan kapasitas sarana dan prasarana perkeretaapian. Salah satunya, yaitu dengan membangun jalur ganda layang KA relasi Stasiun Medan-Stasiun Bandar Khalipah,” ujar Dirjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko di Jakarta, Selasa (1/3).

Hermanto mengatakan, bahwa jalur layang sepanjang ± 8 Km ini merupakan bagian dari jalur ganda Stasiun Medan-Stasiun Bandara Kualanamu sepanjang ± 27 Km.

Di mana pembangunan jalur ganda KA tersebut untuk mendukung pengoperasian KA Bandara Kualanamu, yang akan menghilangkan sembilan perlintasan sebidang eksisting.

“Dengan beroperasinya jalur ganda layang tersebut, maka akan menambah kapasitas lintas, mempercepat waktu tempuh serta meningkatkan keselamatan perjalanan KA dan pengguna jalan raya,” papar Hermanto.

Adapun pembiayaan proyek tersebut  dibebankan pada APBN dengan total anggaran sebesar Rp 366,1 miliar, yang terdiri dari pembangunan jalur ganda sebesar Rp 193 miliar, pembangunan jembatan KA sebesar Rp 98,7 miliar dan pembangunan persinyalan elektrik sebesar Rp 74,4 miliar.

Sedangkan pembiayaan pelaksanaan pekerjaan 2016, terdiri dari penyelesaian pembangunan jembatan KA dan penyelesaian pembangunan persinyalan elektrik sebesar Rp 80,5 miliar.

Selain meresmikan ground breaking jalur ganda layang KA relasi Stasiun Medan – Stasiun Bandar Khalipah, Presiden Jokowi juga dijadwalkan melakukan peninjauan pekerjaan reaktivasi jalur KA relasi Stasiun Binjai – Stasiun Besitang sepanjang ± 80 Km.

(chi/jpnn/sdf)



loading...

Feeds

Digugat PKB, Begini Reaksi KPU Medan

"Apapun keputusan Bawaslu nantinya, kita harus hormat dan menjalankan hasilnya. Kalau memang kalah di Bawaslu, maka mungkin bisa menempuh ke …