Tak Ada Korban Gempa Mentawai, Komunikasi Masih Terputus

Ilustrasi. | pojoksatu.id

Ilustrasi. | pojoksatu.id

POJOKSUMUT.com, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan tidak ada korban jiwa dalam gempat di Mentawai, Sumatera Barat pukul 19.41 tadi. Namun, kabar tentang potensi tsunami memang sempat memicu kepanikan.

Menurut Juru Bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, gempa yang awalnya didetksi berkekuatan 8,3 skala richter namun diralat menjadi 7,8 di Samudera Hindia itu membuat masyarakat di Padang, berlarian Sumatera Barat. “Padang alami kemacetan,” katanya.

Namun, katanya, suasana kini sudah terkendali. Beberapa kota di Sumatera sudah melaporkan ke BNPB bahwa tidak ada korban jiwa akibat gempa itu. “Bengkulu, Lampung saat ini aman terkendali tanpa korban jiwa,” tegasnya.

Hanya saja, kata Sutopo, sejauh ini BNPB belum bisa menghubungi Kepulauan Mentawai. Padahal BNPB sudah berupaya menghubungi bupati, Badan Kesatuan Kangsa ataupun Badan Nasional Penanggulangan bencana Daerah (BNPBD) Mentawai.

“Mentawai masih kesulitan. Kami belum bisa berkomunikasi langsung dengan Mentawai. Kami coba gunakan berbagai jalur,” tegasnya.

(ara/JPNN/sdf)



loading...

Feeds