Inilah 7 Gempa Terdahsyat di Indonesia

Masjid Rahmatullah Lampuuk bertahan dari serangan tsunami Aceh 2004 yang dahsyat

Masjid Rahmatullah Lampuuk bertahan dari serangan tsunami Aceh 2004 yang dahsyat

POJOKSUMUT.com, Gempa berkekuatan 7,8 SR di barat daya Kepulauan Mentawai membuat masyarakat Indonesia waswas. Apalagi gempa itu dibarengi dengan isu adanya gelombang tsunami. Tentu rasa trauma yang akhirnya muncul.

Sebab, bangsa ini pernah memiliki luka dalam terhadap gempa bumi. Berikut tujuh kejadian gempa dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia dan memakan banyak korban.

1.Gempa Aceh (26 Desember 2004)

Indonesia, bahkan dunia pun tak akan pernah lupa dengan gempa dahsyat yang meluluhlantakkan Aceh pada akhir tahun 2004 silam. Berpusat di sebelah barat Aceh, gempa ini tercatat memiliki kekuatan 9.1 – 9.3 SR. Itu adalah gempa terbesar kedua yang pernah tercatat pada seismograf.

Gempa bumi ini pun memicu serangkaian gelombang tsunami yang menimpa 13 negara. Mulai dari kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, dan negara-negara di bagian pantai timur benua Afrika. Sedikitnya 283 ribu orang meninggal dalam kejadian memilukan ini.

2.Gempa Jogjakarta (26 Mei 2006)



loading...

Feeds

Digugat PKB, Begini Reaksi KPU Medan

"Apapun keputusan Bawaslu nantinya, kita harus hormat dan menjalankan hasilnya. Kalau memang kalah di Bawaslu, maka mungkin bisa menempuh ke …