Korup, Mantan Sekretaris KPU Tobasa Disidang

Ilustrasi sidang

Ilustrasi sidang

POJOKSUMUT.com, MEDAN- Mantan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toba Samosir (Tobasa) Emerilince br Silitonga menjalani sidang perdana dengan agenda dakwaan di Ruang Cakra 1 Pengadilan Tipikor Medan Medan di Pengadilan Negeri (PN) Medan Senin (22/3).

Dalam pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Balige, eks Sekretaris KPU Tobasa itu melakukan korupsi bersama dengan Bendahara KPU Tobasa Saut Tua H Siahaan.

Kasus tersebut berawal ketika kedua terdakwa dimintai pertanggungjawaban atas pengembalian sisa belanja hibah pada Pemilukada Tahun Anggaran (TA) 2010 sebesar Rp409.980.760, yang bersumber dari dana hibah sebesar Rp 2.294.556.350.

Dalam dakwaannya, jaksa penuntut umum (JPU) Edward Bagariang menjelaskan bahwa keduanya tidak membuat  realisasi laporan pertanggungjawaban dana tersebut. Bahkan dari hasil audit ditemukan bahwa dana hibah Pemilukada tidak dipergunakan sesuai dengan peruntukannya.

“Terdakwa dijerat dengan Pasal 3 jo Pasal 18 UU RI No 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI No 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana,” ungkap JPU dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Balige itu.

Atas kelakuan tak terpuji itu, kedua terdakwa terancam hukuman penjara hingga 20 tahun. Setelah mendengarkan dakwaan, majelis menunda sidang hingga pekan depan.

“Untuk keduanya, sidang ditunda hingga pekan depan, dengan agenda mendengarkan keterangan saksi-saksi untuk terdakwa Emerilince br Silitonga. Sedangkan Saut Tua H Siahaan masih mendengarkan pembacaan dakwaan,”ucap Ketua Majelis Hakim Didik S Handono di ruang cakra utama di Pengadilan Negeri (PN) Medan.

(sah/sdf)



loading...

Feeds

DCS Masih Bisa TMS, Ini Faktornya…

Komisioner KPU Medan Pandapotan Tamba menambakan, dari DCS yang diumumkan jika ada TMS otomatis nomor bacaleg di bawahnya naik ke …