Didik Masyarakat Danau Toba untuk Terima Turis dengan Baik

salah satu budaya yang dipertontonkan di Festival Danau Toba (foto: sumut pos)

salah satu budaya yang dipertontonkan di Festival Danau Toba (foto: sumut pos)

POJOKSUMUT.com, MEDAN- Anggota DPRD Sumut Fraksi PDIP, Sutrisno Pangaribuan juga mengapresiasi langkah maskapai Garuda membuka rute penerbangan Jakarta-Silangit meskipun dengan ketentuan tarif akan disubsidi oleh Pemkab yang ada di kawasan Danau Toba.

Namun, diakuinya hal tersebut bukan solusi tunggal atas upaya pemerintah meningkatkan kedatangan jumlah wisatawan lokal maupun manca negara ke Danau Toba.

“Kalau masih disubsidi (tarif), lebih baik hanya satu maskapai saja. Takutnya malah membebani APBD,“ katanya.

Sutrisno menyarankan solusi lain yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengembangkan wisata Danau Toba.

“Solusi jangka panjangnya adalah transportasi massal, ataupun kereta api yang murah,“ tuturnya.

Anggota dewan yang duduk di Komisi C itu mengatakan masyarakat di sekitar danau toba perlu dididik untuk menerima kedatangan wisatawan dari berbagai daerah, negara, suku, etnis, agama, budaya maupun kelas sosial.

“Yang paling pokok bebaskan danau toba dari keramba jaring apung, limbah hotel, limbah pemukiman masyarakat, limbah pertanian dan peternakan yang mencemari air Danau Toba,“ tegasnya.

Kata dia, pihak angkasa pura II sudah berjanji mengembangkan infrastruktur bandara Silangit khususnya mengenai penambahan panjang dan lebar landasan pacu. Oleh karena itu, ia mendorong agar pihak angkasa pura II segera merealisasikan janjinya tersebut.



loading...

Feeds