Garuda Rute Jakarta-Silangit Jadi Sarana Mudik, Bukan Orang Berwisata

Garuda Airlines

Garuda Airlines

POJOKSUMUT.com, MEDAN- Pendapat soal pengembangan Danau Toba dilontarkan Anggota Komisi D DPRD Sumut, Juliski Simorangkir.

Menurutnya, pembukaan rute penerbangan Jakarta-bandara Silangit belum efektif karena infrastruktur jalan menuju Danau Toba belum juga disiapkan.

“Setelah wisatawan sampai ke Silangit mau kemana, ke Samosir mau naik apa,“ tanya dia.

Juliski meyakini dibukanya penerbangan Garuda hanya untuk menampung orang yang mudik bukan berwisata. “Penerbangan itu juga masih disubsidi sebesar 40 persen dari Pemkab Humbahas, Taput dan Tobasa, jadi kurang efektif,“ urainya.

Kedepan, penerbangan Jakarta-Silangit bakal efektif menunjang pariwisata kalau infrastruktur dan tujuan wisata sudah dibenahi.

“Pembenahan infrastruktur itu bisa fasilitas umum, alat transportasi darat menuju danau toba dan juga hotel. Kalau tidak maka kejadian yang lalu bakal terulang kembali,“ akunya.

Juliski juga memprediksi pembukaan rute penerbangan dari Jakarta-Silangit tidak akan berjalan lama.

“Sudah pernah maskapai wings air rutin ke silangit tapi tidak ada penumpang akhirnya tutup sendiri. Berapa lama Pemkab mampu mensubsidi 40 persen, pemerintah harus kerja keras menyiapkan infrastruktur pariwisata danau toba,“ paparnya.

(dik/jpg/sp/sdf)



loading...

Feeds