Plt Gubsu Optimis Kunjungan ke Danau Toba Meningkat

Danau Toba

Danau Toba

POJOKSUMUT.com, MEDAN- Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyebutkan, operasional rute Jakarta-Silangit sangat strategis dan mendukung pengembangan kawasan Danau Toba.

“Ini sebuah kemajuan. Tidak hanya mendatangkan wisatawan ke Danau Toba, tapi juga memberi peluang perkembangan perekonomian masyarakat di sekitarnya,” ujar Erry seusai bertemu dengan Vice President Domestic Region I Sumatra Garuda Indonesia Syamsuddin JS, Jumat (18/3).

Lebih lanjut, Erry meminta Garuda Indonesia juga bisa menjadikan Bandara Internasional Kualanamu sebagai hub penerbangan dari dan ke Eropa. Syamsuddin menjelaskan, untuk tahap awal, penerbangan Jakarta-Silangit akan dilakukan tiga kali dalam sepekan yakni Jumat, Minggu dan Selasa.

“Rute ini pengembangan dari yang sudah ada yakni Jakarta-Pinang Sori yang terbang setiap hari. Pada setiap 3 hari dalam 1 minggu, rute penerbangan akan menjadi Jakarta-Silangit-Pinang Sori. Kalau responnya baik, akan kami tingkatkan frekuensinya,” kata Syamsuddin.

Berdasarkan data BPS Sumut, pada Januari 2016, jumlah kunjungan wisman ke Sumut hanya mencapai 13.103 kunjungan atau merosot 40,51% dari Desember 2015 dan turun 34,82% dari Januari 2015 20.103 kunjungan.

Penurunan jumlah wisman, terutama terjadi di pintu masuk Bandara Kualanamu 47,41%, sementara dua pintu masuk lainnya yakni Pelabuhan Belawan dan Tanjung Balai justru meningkat.

(dik/jpg/sp/sdf)



loading...

Feeds