Siap-siap, Sumut Bakal Diguyur Hujan Deras

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN- Perkembangan kondisi dinamika atmosfer  wilayah Indonesia menunjukkan adanya indikasi potensi hujan deras dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Sumatera.

Dijelaskan Deputi bidang Meteorologi, BMKG Dr Yunus S Swarinoto, hal ini terpantau mulai Senin (21 Maret 2016) hingga  menjelang pagi tadi yang merata di wilayah sebagian besar Sumatera dengan intensitas hujan sedang hingga sangat deras.

“Maka itu hal ini perlu diantisipasi dalam beberapa hari ke depan dimana akumulasi curah hujan juga akan tinggi,” kata Dr Yunus.

Potensi terjadi hujan lebat dipengaruhi oleh mulai aktifnya aliran massa udara yang cukup kuat dari Barat (westerly wind burst & MJO) di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera hingga Jawa bagian Barat.

Hal itu mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan massa udara dan belokan angin di beberapa wilayah di Indonesia termasuk wilayah sebagian besar Sumatera dan Jawa bagian Barat.

Selain wilayah Pesisir Barat Sumatera, daerah lain yang berpotensi hujan deras dalam tiga hari ke depan, antara lain :
Aceh bagian Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau bagian Utara, Jambi bagian Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian Barat, Lampung, Banten.

Jawa Barat bagian Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah bagian Selatan, Sulawesi Selatan bagian Utara dan Papua bagian Utara.

Dengan masih tingginya potensi curah hujan di Indonesia masyarakat dihimbau tetap waspada dan siaga terutama di daerah dataran tinggi/pegunungan untuk mengantisipasi kejadian banjir bandang, lahar dingin, dan tanah longsor.

Serta waspada untuk warga di daerah dataran yang relatif mudah terjadi potensi bencana banjir agar dapat menyiapkan lingkungannya untuk mengurangi dampak bencana yang mungkin terjadi.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, melalui: call center 0216546315/18, web.meteo.bmkg.go.id
@infobmkg, info.bmkg android, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

(sdf)



loading...

Feeds

Alfamidi Gelar Khitanan Gratis di Sibolga

Pelaksanaan khitanan ini dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sibolga bertempat di Aula Puskesmas Aek Parombuban Kota Sibolga.