Korupsi di Dinas Perikanan Medan Naik Meja Hijau

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Belawan sudah melimpahkan berkas dakwaan lima tersangka dugaan korupsi pengadaan alat tangkap ikan di Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Medan, ke Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (21/3) lalu.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk perkara yang juga menyeret Kepala Diskanla Kota Medan, Akhyar itu, Ivan Najjar Alavi mengatakan, pelimpahan berkas tersebut dilakukas Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Belawan, Nixon Lubis dan salah satu tim JPU lainnya Senin (21/3) sekitar Pukul 15.00 WIB.

“Berkas untuk kelima tersangka sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Medan di PN Medan Senin (21/3) sore sekitar Pukul 15.00 WIB. Itu berarti paling lambat sidang perdana sudah bisa digelar dua minggu setelahnya atau tergantimg majelis hakim,” kata Ivan Selasa (22/3).

Ivan menjelaskan, selain Akhyar selaku kuasa pengguna anggaran (KPA), kasus tersebut juga menyeret Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Diskanla Medan Syahrizal

Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) Diskanla Medan, Dongoran, dan Direktur CV Karya Nusantara Darmawan dan Boy selaku rekanan atau pelaksana dalam pengerjaan proyek tersebut.

“Seperti diketahui, dalam pengadaan tersebut, negara dirugikan sebesar Rp 450 juta, dari total anggaran Rp 1,1 miliar bersumber dari APBD 2014,” katanya.

Ivan menjelaskan, kasus itu bermula dari penyaluran alat tangkap ikan dan udang yang tidak sesuai dengan peruntukannya kepada kelompok nelayan.

Padahal seharusnya setiap kelompok nelayan mendapat 10 alat tangkap ikan akan tetapi di lapangan masing-masing kelompok jumlah tidak sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.

“Untuk status kelima terdakwa, tidak dilakukan penahanan, di mana para terdakwa berstatus tahanan kota,” kata Ivan.

Terpisah, Humas PN Medan, Erintuah Damanik mengatakan, kendati belum mengecek kebenaran pelimpahan berkas tersebut, dia memperkirakan, paling cepat sidang perdana untuk kasus tersebut sudah bisa digelar sepekan setelah dilimpahkan.

(sah/sdf)



loading...

Feeds

Alfamidi Gelar Khitanan Gratis di Sibolga

Pelaksanaan khitanan ini dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sibolga bertempat di Aula Puskesmas Aek Parombuban Kota Sibolga.