Dijamin Undang-undang, Masyarakat Berhak Dapatkan Informasi

KIP

KIP

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Mewujudkan perguruan tinggi yang kredibel, transparan dan akuntabilitas, Komisi Informasi Pusat melakukan sosialisasi Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kepada sejumlah mahasiswa perguruan tinggi dan swasta, di Gedung Diklat LPPM USU, Rabu (23/3).

Dalam sosialisasi yang bertajuk ‘Keterbukaan Informasi Publik untuk Demokrasi yang Berkualitas’ ini, dihadiri 21 utusan mahasiswa di Medan seperti USU, ITM, UINSU, Darma Agung serta lainnya, dan beberapa utusan organisasi mahasiswa.

Hadir sebagai pembicara, dua Komisioner Komisi Informasi Pusat, Dr Rumadi Ahmad dan Heni S Widyaningsih, serta Wakil Rektor III Dr Mahyudin KM Nasution.

Dr Rumadi Ahmad dalam pemaparannya bertema ‘Hak Masyarakat untuk Mendapatkan Informasi’ menjelaskan, masyarakat khususnya mahasiswa sudah waktunya sadar dan cerdas akan informasi. Karena, memahami informasi sangat penting apalagi di kalangan kaum intelek.

“Sebagai agen perubahan, mahasiswa juga wajib tahu dan mengerti tentang adanya undang-undang ini (UU KIP). Sebab, mahasiswa juga harus berperan dalam mengontrol transparansi atau keterbukaan informasi di badan publik yang bisa sebagai sarana partisipasi dalam pembangunan,” tuturnya.

Menurut Rumadi, UU KIP sangat mewah karena dimiliki oleh seluruh warga Indonesia. Berbeda dengan UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 hanya dimiliki oleh jurnalis saja. Sebab, UU KIP memberikan ruang untuk tahu apa yang terjadi di badan publik.

“Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia.”

“UU KIP ini mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam proses pembangunan. Misalkan, harus terlibat dalam pengambilan kebijakan publik. Seluruh informasi di badan publik terbuka, tetapi ada yang dinyatakan tertutup,” ungkap Dosen Universitas Islam Negeri Jakarta ini.



loading...

Feeds

Alfamidi Gelar Khitanan Gratis di Sibolga

Pelaksanaan khitanan ini dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sibolga bertempat di Aula Puskesmas Aek Parombuban Kota Sibolga.