Ternyata Megawati Pernah Menyekap Intel di Hotel

Megawati Soekarno Putri

Megawati Soekarno Putri

POJOKSUMUT.com, JAKARTA – Cerita Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berikut ini bisa mewakili sederet cerita kebebasan perpendapat di era Orde Baru.

Diketahui, pada zaman itu siapapun yang kritis bakal dikuntit pemerintah. Dari sekian banyak tokoh yang diawasi, Megawati juga menjadi korban kerja-kerja intelijen.

Megawati menceritakan sendiri apa yang dialaminya itu dalam peluncuran buku ‘Megawati dalam Catatan Wartawan, Menangis dan Tertawa Bersama Rakyat’ di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, Rabu malam (23/3/2016).

“Perasaan saya aneh, kenapa saya anaknya Bung Karno tapi saya diinteli terus. Saya juga heran, sebetulnya saya bangsa apa sampai dikurung intel sebegitu banyak,” sesal Mega.

Mega bercerita, suatu waktu dirinya dikuntiti seorang intel muda kira-kira berumur 20 tahun saat menginap di salah satu hotel di Surabaya.

Merasa selalu diawasi, tiap kali hendak keluar kamar Mega terlebih dahulu mengintip. Sang intel menyewa kamar persis di depan kamar Mega menginap

Sekian lama Mega menunggu kepergian intel muda tersebut namun tetap mondar-mandir mengawasinya. Mega pun merasa iba dan kemudian menariknya masuk ke kamar. Mega menahan sang intel. Kata Mega, saat itu raut wajah penguntitnya terlihat sangat kebingungan.

“Saya bilang enggak usah bingung, kamu bingung kan laporan ke atasan kamu. Kamu bilang aja kamu ditawan bu Mega, kata dia oh iya,” ucap Mega melanjutkan kisahnya.

Selang beberapa tahun, setelah Mega menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan, anggota intel itu menemui Mega. Mega pun kaget.

“Saya mau nikah, tolong datang ke pernikahan saya,” kata Mega menirukan ucapan si intel.

Komandan sang intel muda tidak percaya kalau anak buahnya pernah disekap Mega. Lantas Untuk membuktikan kepada komandan sang intel, Mega pun datang menghadiri undangan pernikahan tersebut.

“Anak itu senang sekali lihat saya datang. Saya pingin ketemu lagi sama dia, kalau dia nonton televisi,” pungkas Mega.

(dem/PS/sdf)



loading...

Feeds