Bersosialisasilah, Miliki Banyak Teman, Anda Bisa Terhindar dari Penyakit Ini

ilustrasi pertemanan

ilustrasi pertemanan

POJOKSUMUT.com, ANDA punya banyak teman? Kalau iya, bagus untuk Anda. Bersosialisasilah, karena ini akan membuat Anda makin sehat.

Kini, ada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hubungan sosial bisa memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan Anda. Jika Anda memiliki hubungan sosial, maka Anda akan memiliki kesehatan mental dan fisik yang lebih baik dan hidup lebih lama.

Berikut ini beberapa manfaat hubungan sosial terhadap kesehatan Anda, seperti dilansir laman Care2.

1. Obesitas

Sebuah studi tahun 2015 meneliti kelompok usia yang berbeda dan bagaimana keterlibatan sosial memengaruhi kesehatan fisik mereka dari waktu ke waktu. Mereka menemukan bahwa kedua remaja dan orang dewasa kurang mungkin untuk menjadi gemuk ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang lain.

2. Risiko kematian

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa risiko kematian lebih dari dua kali lebih tinggi pada orang dewasa dengan hubungan sosial paling sedikit dibandingkan dengan mereka yang memiliki ikatan sosial yang paling tinggi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa pria dengan kadar integrasi sosial rendah adalah lebih rentan terhadap penyakit dan kematian daripada wanita, terutama pada kelompok usia yang lebih tua.

3. Tekanan darah
Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk diet, penyakit atau genetika. Apapun penyebabnya, hipertensi yang tidak terkontrol bisa merusak pembuluh darah ke seluruh tubuh Anda dan berkontribusi untuk penyakit lainnya.

Hasil penelitian menemukan bahwa orang-orang dari segala usia, termasuk remaja, memiliki tekanan darah lebih rendah ketika mereka memiliki hubungan sosial yang lebih tinggi. Juga, isolasi sosial meningkatkan risiko hipertensi pada orang dewasa yang lebih tua. Hasil diagnosis menunjukkan bahwa diabetes menjadi salah satu penyebab risiko seseorang menderita hipertensi.

4. Penyakit kardiovaskular

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki kegiatan sosial yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Misalnya, sebuah studi 2001 meneliti orang dewasa dengan penyakit arteri koroner. Mereka yang secara sosial terisolasi memiliki risiko 2,4 kali lebih besar dari kematian jantung daripada rekan-rekan mereka yang lebih terhubung secara sosial.

5. Pencegahan dan pemulihan kanker

Sel pembunuh alami adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh Anda yang bisa membantu tubuh Anda mengenali dan melawan virus atau tumor sel. Beberapa studi telah meneliti hubungan antara dukungan sosial dan sel-sel pembunuh alami ini.

Dalam sebuah penelitian terhadap pasien kanker ovarium, dukungan sosial yang lebih tinggi terbukti terkait dengan aktivitas sel pembunuh alami yang lebih besar dalam darah. (fny/jpnn/nin)



loading...

Feeds