Parah! Apple Juga Hapus Palestina dari Petanya

Apple Maps

Apple Maps

POJOKSUMUT.com, KEPUTUSAN Google menghapus Palestina dari peta buatannya beberapa hari lalu dikecam publik. Namun, siapa sangka langkah serupa juga diambil Apple Maps. Ketika kita mencari Palestina di aplikasi Apple Maps di seluruh platform iOS tidak lagi ada. Penghapusan Palestina di peta Apple ini tentu juga disambut protes oleh forum jurnalistik Palestina, seperti halanya penghapusan Palestina di Google Maps.

Ketika kita memasukkan kata pencarian Palestina di app Maps (OS X El Capitan atau perangkat iOS 9) tidak akan muncul nama negara tersebut. Hanya muncul sebuah koordinat seakan negara tersebut “tidak terdaftar”.

Dari laman MEMO (via Forum Jurnalis Palestina), Google melakukan hal ini atas permintaan Israel untuk membuat negaranya lebih dikenal dan menghapus Palestina dari generasi yang akan datang.

Apple Maps sebenaenya tidak menggunakan sumber data peta dari Google. Karena semenjak iOS 6, Apple resmi menggandeng perusahaan TomTom dari Belanda yang berfokus pada teknologi navigasi. Namun sayangnya TomTom juga mengambil langkah yang sama dengan Google untuk menghapus negara Palestina di petanya.

Kita tunggu apa reaksi dunia atas penghapusan Palestina dari kedua peta milik raksasa teknologi informasi tersebut. Yang pasti protes sudah muncul dari Forum Jurnalistik Palestina. Negara-negara muslim tampaknya belum bereaksi. (jpg/nin)



loading...

Feeds