Setelah Lengser, Ini yang Akan Dilakukan Presiden Obama

Barack Obama

Barack Obama

POJOKSUMUT.com, Obama bakal melepaskan jabatannya dalam hitungan bulan.

Namun, dia tidak akan hengkang dari Washington DC dan memilih tetap tinggal di ibu kota.

Itu berbeda dengan para mantan presiden sebelumnya yang memilih meninggalkan Washington agar tidak terganggu hiruk pikuk perpolitikan.

Presiden terakhir yang tetap tinggal di Washington setelah lengser adalah Woodrow Wilson, presiden ke-28 AS.

Bagi keluarga Obama, pindah dari Washington tidak memungkinkan. Putri bungsu Obama dan Michele, Sasha, masih menempuh pendidikan di sekolah menengah atas.

Keduanya tidak ingin membuat gadis kecilnya beradaptasi dengan lingkungan yang baru lagi. Karena itu, mereka bakal menyewa mansion di Kalorama yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Gedung Putih.

Mansion yang disewa keluarga Obama milik pasangan Joe Lockhart dan Giovanna Gray Lockhart.

Joe adalah mantan penasihat senior Bill Clinton yang kini pindah ke New York. Sedangkan Giovanna adalah editor di Glamour Magazine.

Mansion itu memiliki 9 kamar tidur dan 8 kamar mandi.

Mansion yang dibangun pada 1928 itu memiliki luas 761 meter persegi. Harga sewa per bulan sekitar USD 22 ribu (Rp 288 juta).

Obama masih memiliki banyak rencana untuk masa “pensiun”-nya. Barack Obama Foundation berencana membangun Obama Presidential Center di Chicago.

Belum ada lokasi pasti di mana bangunan tersebut akan didirikan. Di dalam Obama Presidential Center itu bakal ada perpustakaan, museum, kantor, serta pusat aktivitas.

Untuk membangun gedung tersebut, dibutuhkan anggaran USD 1 miliar (Rp 13,12 triliun). Rencananya Obama melakukan penggalangan dana besar-besaran begitu meninggalkan Gedung Putih.

“Saya akan kembali melakukan pekerjaan yang saya lakukan sebelumnya, mencari jalan untuk membantu masyarakat.”

“Membantu anak muda mendapatkan pendidikan, membantu orang-orang mendapatkan pekerjaan, dan berusaha menggerakkan perekonomian di lingkungan yang kekurangan pekerjaan.”

“Itu adalah jenis pekerjaan yang sangat saya sukai,” ungkap Obama tahun lalu, ketika ditanya apa yang akan dilakukan setelah lengser.

Tentu saja, masih ada kemungkinan bahwa Obama bakal menelurkan buku lagi. Sejak 2005, Obama sudah menulis tiga buku.

Yaitu, Dreams from My Father, The Audacity of Hope, dan buku anak-anak berjudul Of Thee I Sing.

Dari tiga buku tersebut, Obama sudah menghasilkan USD 15,6 juta (Rp 204,7 miliar).

(jpg/c10/sha/sdf) 



loading...

Feeds