Harga Beras Mulai Naik di Medan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN – Harga beras di sejumlah pasar sudah mulai menujukan kenaikan harga. Harga beras dari kualitas menengah ke bawah menunjukan rata-rata kenaikan sebesar Rp500 per Kg.

“Untuk beras super memang cenderung masih bertahan. Namun beras murah atau yang dikenal dengan istilah beras Bulog mengalami kenaikan Rp1.000 per Kg,” ujar Ekonom Sumut Gunawan Benjamin, Selasa (9/8)..

Kata Gunawan, berdasarkan pengamatan dan pengakuan sejumlah kilang di kawasan Serdang Bedagai, stok beras yang mereka miliki mulai berkurang.

Dia meyakini pemerintah tidak absen untuk turut memantau perkembangan harga beras tersebut.

“Saya yakin kita tengah mempersiapkan sejumlah rencana untuk menstabilkan harga beras, jika nantinya tiba-tiba melonjak harganya. Saat ini, bukanlah musim dimana terjadi konsumsi beras yang tinggi. Karena tidak tengah merayakan perayaan keagamaan,” tuturnya.

Diutarakan Gunawan, untuk sisi pasokan beras memang terganggu, karena musim panen telah lewat. Faktor cuaca juga mempengaruhi. Jadi harus ada yang menjadi alternatif untuk mengatasi kemungkinan kalau terjadi kenaikan harga beras.

“Sampai saat ini memang kenaikan harga beras masih dalam batasan harga normal. Tidak perlu dikhawatirkan terlalu berlebihan. Hanya saja, antisipasi harus dilakukan jauh hari sehingga harga beras lebih mudah untuk dikendalikan.”

“Namun demikian, Bulog pasti tidak akan diam untuk masalah ini. Saya pikir apa yang dilakukan Bulog nantinya akan mampu meredam potensi gejolak harga. Sehingga, masyarakat belum perlu untuk mengkuatirkan harga beras,” pungkasnya.



loading...

Feeds