Jemaah Haji Diimbau Jauhi Unta Selama di Tanah Suci

Makkah
pixabay

Makkah pixabay

POJOKSUMUT.com, MENTERI Kesehatan Nila F Moeloek mengimbau kepada jamaah Indonesia untuk tidak berinteraksi langsung dengan unta selama berada di Tanah Suci. Pasalnya saat ini sedang berkembang virus korona.

Asal virus korona belum diketahui secara pasti, tapi para pakar menduga bahwa virus ini kemungkinan besar berasal dari hewan yang tinggal di Arab Saudi dan sekitarnya.

“Kami sudah persiapkan jamaah haji kita. Kami sudah bertemu Menkes Arab Saudi dua kali. Beliau mengatakan akan perhatikan sekali. Bahwa MERS itu harus diantisipasi,” kata Menteri Kesehatan di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (9/8/2016).

Pihak Kemenkes sudah bertemu dengan Menteri Kesehatan Arab Saudi untuk membahas hal ini. MERS atau Middle East Respiratory Syndrome adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus korona.

“Pertama, jamaah haji kita minta jaga kebersihan. Kita minta jamaah haji untuk tidak mendekati binatang tersebut. Penularan dapat terjadi dari air liur dan kami minta tidak minum susunya,” imbaunya.

Nila menambahkan bahwa tim kesehatan sudah dipersiapkan di Arab Saudi. Kerja sama dengan rumah sakit setempat pun sudah dilakukan.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah melepas keberangkatan jamaah haji Indonesia kelompok terbang pertama embarkasi Jakarta-Pondok Gede ke Tanah Suci, Mekkah, Selasa (9/8/2016).

Setelah tinggal 24 jam di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, anggota jamaah haji dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede diberangkatkan menggunakan bus menuju Bandara Halim Perdanakusuma, tempat mereka berangkat menggunakan pesawat menuju ke Arab Saudi sekira pukul 08.00 WIB.

Menteri Agama mengatakan hari ini ada 4.459 orang dalam 11 kelompok terbang yang secara serentak berangkat menuju Tanah Suci dari berbagai daerah di Indonesia.

Dia mengatakan bahwa ada sembilan embarkasi yang memberangkatkan jamaah haji hari ini yakni Medan, Batam, Padang, Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Lombok dan Makassar.

Menteri Agama berpesan kepada jamaah haji agar terus menjaga kesehatan supaya tetap bugar saat menjalankan ibadah haji.

Terakhir, dia mengatakan cuaca di Tanah Suci akan sangat berbeda dengan di Indonesia dan menyarankan jamaah menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat, banyak minum air dan melakukan aktivitas seperlunya.

Dalam tiga tahun terakhir, kuota haji yang didapat Indonesia hanya sebesar 168.800 orang dengan 155.200 kuota haji reguler dan 13.600 kuota haji khusus. (rus/rmol/jpg)



loading...

Feeds